Susah Makan, Takut Gemuk. Anorexia Kah?


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Gangguan makan biasanya disebabkan karena gangguan kesehatan yang lain. Gangguan ini juga dapat terjadi sebagai dampak dari serangkaian penyembuhan atau terapi. Namun, gangguan ini bersifat sementara. Dengan demikian, gangguan makan akan hilang ketika faktor penyebab tersebut hilang.

Selain itu, ada pula gangguan makan yang berawal dari gangguan psikologis. Sebagian orang mungkin akan mengalami gangguan makan ketika stress akibat beban fikiran. Gangguan tersebut biasanya juga bersifat sementara, dan akan berangsur hilang seiring menurunnya kadar stress. Adapun yang dimaksudkan gangguan psikologis ini adalah lebih dari sekedar gangguan akibat stress. Salah satu dari jenis gangguan ini adalah Anorexia Nervosa. Apa itu Anorexia Nervosa?

Anorexia Nervosa merupakan suatu gangguan mental yang membuat penderitanya sangat ketakutan terhadap bertambahnya berat badan. Penderita gangguan ini bahkan tidak identik bertubuh gemuk. Para penderita anorexia memiliki tubuh yang amat kurus, dan mereka masih saja menganggap tubuh mereka gemuk. Dengan demikian, mereka amat takut dengan pertambahan berat badan. Bisa dikatakan, penderita anorexia memiliki obsesi yang amat tinggi terhadap tubuh kurus.

Apakah berbahaya yang demikian ini? Ya. Ketakutan mereka akan bertambahnya berat badan membuat mereka amat menjauhi makanan dan melakukan olahraga berat. Maka tidak heran apabila penderita anorexia terus mengalami penurunan berat badan hingga nampak menonjol tulang tubuhnya. Bukan hanya itu, bahkan gangguan ini dapat membuat seseorang mengalami beragam gangguan pada organ tubuh seperti ginjal, paru-paru, otak. Pada kondisi yang cukup parah, anorexia bahkan dapat mengancam jiwa seseorang. Namun sayangnya, penderita anorexia mungkin tidak menyadari dirinya mengidap gangguan ini.

Amat diperlukan dukungan dari berbagai pihak untuk menyembuhkan keadaan para penderita anorexia. Segera hubungi dokter ketika menemui gejala gangguan makan yang tidak lazim pada keluarga anda.

 

Referensi :

  • https://mediskus.com/penyakit/anoreksia-nervosa
  • http://www.alodokter.com/anoreksia-nervosa

Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply