Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Pisang. Buah berkulit kuning ini cukup dikenal dalam beragam resep masakan. Mulai dari camilan hingga beragam jenis roti, ada saja pemanfaatan pisang. Teksturnya yang demikian lembut membuat banyak orang begitu menggemarinya. Tentunya rasa buahnya pun tidak diragukan yaa. Buah pisang ini ternyata menyimpan beragam manfaat untuk ibu hamil juga lho. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasan mengenai manfaat pisang untuk ibu hamil, sebagaimana dikabarkan dalam netraverse.com.

Sebagai Sumber Energi Ibu Hamil

Satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 105 kalori. Maka tidak heran jika banyak dari tips diet yang menyarankan pisang sebagai pengganti sumber kalori nasi. Kalori yang tinggi ini juga baik untuk ibu hamil. Ibu hamil tentu membutuhkan asupan kalori yang lebih besar dibandingkan sebelum hamil. Keunggulan lain dari kalori buah pisang adalah lebih mudah dicerna sehingga lebih cepat digunakan oleh tubuh ibu hamil.

Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini wajar karena kebutuhan sel darah merah ibu hamil sangat banyak, terutama untuk pembentukan sel-sel dan jaringan-jaringan janin. Namun jika tidak segera diatasi, masalah anemia bisa menyebabkan komplikasi kehamilan serta permasalahan saat melahirkan bayi.

Buah pisang mengandung zat besi yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah sehingga bisa mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil. Dalam 225 gram buah pisang mengandung zat besi sekitar 3%. Asupan zat besi yang cukup banyak bukan untuk ibu hamil?

Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi pada Janin

Fase pertumbuhan yang penting dari janin adalah pertumbuhan tulang yang akan membentuk berbagai organ gerak. Kalsium merupakan zat gizi yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Buah pisang juga mengandung kalsium yang cukup tinggi. Dalam 200 gram buah pisang mengandung kalsium 10 mg. Manfaat lain dari kalsium pada perkembangan janin yaitu memperlancar neotransmitter dalam kontraksi otot.

Memperkuat Kekebalan Tubuh Ibu

Ibu hamil harus benar-benar menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai penyakit. Cara untuk memperkuat kekebalan tubuh bisa dilakukan dengan istirahat cukup, manajemen stress, olahraga teratur meskipun ringan, serta mengkonsumsi makanan yang menunjang kekebalan tubuh. Pisang unggul dalam kandungan vitamin C. 33% vitamin C dari buah pisang ini bisa berfungsi sebagai antioksidan yang mampu meanangkal radikal bebas sehingga kekebalan ibu hamil menjadi meningkat.

Menunjang Perkembangan Syaraf dan Otak pada Janin

Zat gizi penting yang menjadi asupan ibu hamil salah satunya asam folat. Bahkan produk susu khusus ibu hamil mengunggulkan kandungan asam folat ini. Asam folat memang berfungsi penting dalam perkembangan syaraf, otak, dan sumsum tulang belakang pada janin.

Anda bisa mendapatkan kandungan asam folat ini dari buah pisang. Mengkonsumsi buah pisang sebagai salah satu asupan asam folat bisa mengurangi resiko bayi lahir cacat dan bayi lahir prematur.

Mengatasi Masalah Sembelit

Susah buang air besar menjadi masalah yang dialami banyak ibu hamil. Ibu hamil menjadi tidak nyaman karena perut semakin bertambah berat saat sisa-sisa pencernaan tidak dikeluarkan. Hal ini memang wajar karena memang hormon yang menunjang pencernaan ibu hamil berjalan lebih lambat. Salah satu cara untuk mengatasi masalah sembelit ibu hamil adalah mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak serat. Buah pisang bisa menjadi pilihan mengatasi sembelit. Di dalam satu buah pisang mengandung serat sebanyak 6 gram.

Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Mendapatkan tubuh yang langsing dan ideal setelah melahirkan sering kali dianggap sebagai sesuatu yang sulit dan hampir mustahil. Tubuh gemuk dan melar seiring banyaknya konsumsi makanan selama hamil dan menyusui menjadi hal yang biasa. Tetap ada upaya yang bisa dilakukan ibu hamil untuk menjaga kondisi tubuh tetap langsing. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah pisang.

Pisang mampu mendorong kecepatan proses metabolisme ibu yang telah melahirkan sehingga program penurunan berat badan tetap mungkin untuk dilakukan meskipun sedang memberikan ASI eksklusif pada buah hati.

 

Ilustrasi : selingkaran.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply