Beberapa Fakta Minuman Bersoda


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Dalam cuaca yang panas, sepertinya segelas soda akan menyejukkan. Terlebih dengan sedikit tambahan balok es, bertambahlah kesegarannya. Mungkin seperti itu lah salah satu hal yang kerap terbayangkan ketika menjumpai cuaca panas. Setelah mengetahui beberapa hal ini, apakah anda sanggup membayangkannya kembali? Berikut beberapa fakta mengenai minuman bersoda yang semestinya amat menarik perhatian kita. Apa saja? Berikut ulasan disehat.com mengenai beberapa fakta minuman bersoda.

90% Minuman Bersoda Mengandung Kadar Gula Yang Sangat Tinggi

Kita tentunya sudah paham akan bahaya mengkonsumsi gula dalam jumlah besar yang dapat memicu penyakit diabetes, obesitas, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Faktanya, kandungan glukosa terdapat di mana-mana, bahkan termasuk pada makanan yang tid
ak terasa manis sekalipun seperti nasi. Dan timbunan zat glukosa yang terinput dari makanan-makanan tersebut masih akan diperparah dengan kita mengkonsumsi minuman bersoda. 1 botol minuman soda rata-rata mengandung 10 sendok makan gula. Maka tidak mengherankan apabila di negara-negara penggemar minuman bersoda tingkat penderita diabetes dan obesitas sangatlah tinggi.

Minuman Bersoda Umumnya Mengandung Asam Fosfor

Asam fosfor sangatlah korosif terhadap tulang, sehingga konsumsi zat tersebut secara terus menerus dapat merusak jaringan tulang yang pada akhirnya akan memicu berbagai masalah seperti kerapuhan tulang, pertumbuhan tulang yang tidak sempurna, dan masih banyak lagi.

Minuman Bersoda Mengandung Berbagai Zat Kimia

Kita tidak pernah tahu apa yang terkandung dalam sebotol minuman soda, namun dari beberapa jenis zat yang diketahui, terbuka fakta bahwa zat-zat kimia tersebut dapat merusak organ hati. Bahkan dalam beberapa kasus hal tersebut juga menyebabkan hilangnya ingatan secara bertahap. Bukan tidak mungkin bahwa nantinya akan ada kasus-kasus baru yang bermunculan sehubungan dengan konsumsi minuman bersoda berlebihan.

Minuman Bersoda Mengandung Pewarna Berbahaya

Jika dibandingkan dengan minuman lainnya, minuman bersoda memiliki keunikan tersendiri yaitu memiliki warna yang menarik. Di samping itu rasanya pun sangat menyegarkan apalagi jika ditambah dengan beberapa es batu. Akan tetapi tahukah Anda bahwa pewarna pada minuman bersoda memiliki efek yang buruk bagi kesehatan ginjal? Oleh karena itu, mulailah untuk menghindari minuman bersoda agar kesehatan ginjal tetap terjaga.

Menyebabkan Dehidrasi

Banyak orang yang percaya bahwa minum minuman bersoda dapat membuat seseorang lebih segar dan dapat melepas dahaga. Padahal minuman bersoda faktanya dapat menyebabkan seseorang yang meminumnya mengalami dehidrasi. Hal ini dikarenakan mineral yang harusnya diserap oleh tubuh malah diolah menjadi urin dan mau tidak mau pastinya urin harus dikeluarkan dari tubuh. Sehingga seseorang yang minum soda akan merasa haus yang lebih.

Kecacatan dan Kematian Pada Janin

Efek soda bagi kesehatan juga berdampak buruk bagi ibu hamil, karena dapat membuat calon bayinya lahir cacat dan bahkan kematian. Selama kehamilan, ibu hamil mengonsumsi makanan yang baik saat hamil dan menghindari soda, makanan instan serta makanan olahan. Tak hanya ibu hamil saja, ibu menyusui juga sebaiknya menghindari minuman bersoda.

Minuman Bersoda Kaya Akan Kandungan Fruktosa

Efek samping selanjuntya adalah dapat memicu penyakit asam urat. Hal ini dikarenakan minuman bersoda mengandung fruktosa yang sangat tinggi, hal inilah yang dapat memicu penyakit asam urat. Seperti yang kita ketahui seseorang yang mengidap asam urat sangatlah tidak enak karena ia akan merasakan nyeri pada persendian  yang dapat mengganggu aktivitas Anda.

Minuman Bersoda Mengandung Asam Tinggi

Kandungan asam pada minuman bersoda juga sangatlah berbahaya bagi kesehata tubuh. Asam yang berlebih dapat membuat kulit mudah keriput dan dapat menyebabkan penuaan dini. Oleh karena itu jika Anda ingin tampak awet muda sebaiknya menghindari minuman bersoda. Karena menurut para ahli minuman ini mengandung bahan-bahan yang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

 

Ilustrasi : teachertoolkit.co.uk


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply