Buah Cherry, Menurunkan Kadar Asam Urat


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Gout, atau lebih dikenal sebagai asam urat. Biasanya penyakit ini banyak ditemukan pada usia lanjut. Sebagaimana kita ketahui, asam urat merupakan pembentukan kristal pada bagian sendi. Karenanya, penderita gout mungkin untuk memiliki benjolan pada bagian sendi. Sudah dapat ditebak, kemungkinan benjolan tersebut timbul karena adanya kristal akibat asam urat. Asam urat ini terjadi karena tingginya kandungan purin dalam tubuh. Karenanya, penderita gout biasanya akan dianjurkan untuk menghindari beragam makanan dengan kadar purin tinggi. Hal ini dilakukan untuk menghindari semakin parahnya asam urat.

Selain menimbulkan berwarna kemerahan, biasanya benjolan sendi juga dapat memicu rasa nyeri. Yang demikian, cukup untuk menimbulkan ketidaknyamanan yang dapat menghambat aktivitas. Untuk itu, tindakan cepat perlu dilakukan untuk meluruhkan kristal pada sendi. Kabarnya, buah ceri dapat dimanfaatkan untuk meluruhkan kristal asam. Dikabarkan dalam Amazine.co,

Kandungan vitamin C tinggi membuat cherry (ceri) cocok digunakan untuk mengobati asam urat.

Vitamin C mampu menurunkan kadar asam urat dan dengan demikian mengurangi tingkat keparahan serta mengurangi rasa sakit.

Anthocyanin (flavonoid alami) yang terdapat dalam cherry memiliki sifat anti-inflamasi dan mengurangi peradangan sendi.

Menurut sebuah penelitian, konsumsi 25 mg anthocyanin mampu membantu tubuh menghambat enzim yang terlibat dalam proses pembengkakan jaringan.

Cherry yang berwarna lebih gelap diketahui mengandung sekitar 80-300 mg anthocyanin per porsi.

Cherry juga merupakan sumber kaya kalium yang membantu tubuh menyingkirkan kelebihan asam urat. Buah ini membantu pula menjaga keseimbangan cairan dan fungsi ginjal.

Kristal asam urat diubah menjadi bentuk cair dengan kalium sehingga ginjal dapat menghilangkannya melalui urin.

Selain itu, cherry mampu menghambat enzim xantin oksidase yang terlibat dalam produksi asam urat yang pada gilirannya mencegah penumpukan asam urat pada sendi sehingga mencegah serangan gout.

Selain cherry, stroberi, buah jeruk, tomat, dan paprika hijau juga efektif mengurangi gejala gout. Semua makanan tersebut kaya vitamin C sehingga efektif mengurangi peradangan.

Olahraga juga membantu mengurangi atau mencegah asam urat. Selain itu, minum banyak air (8-10 gelas) sehari diketahui mampu menyingkirkan racun dari tubuh dan mengurangi konsentrasi asam urat. [Selesai kutipan]

 

Ilustrasi : jonvilma.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply