Manfaat Kedelai Hitam Menurunkan Berat Badan


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Berbicara kedelai, biasanya akan terbayang butiran kacang bulat kecil berwarna putih kekuningan. Yang demikian adalah kedelai kuning, biasa dimanfaatkan dalam pembuatan tahu dan tempe, juga susu kedelai. Selain kedelai kuning, ada pula jenis kedelai hitam. Sebagaimana namanya, kedelai ini memiliki warna hitam. Biasanya digunakan dalam pembuatan kecap, tauco, bahkan susu kedelai juga. Kabarnya, kedelai hitam ini baik untuk program diet lho..

Di Jepang, kedelai hitam biasa dimanfaatkan dalam program diet. Di sana, kedelai hitam dikonsumsi dalam bentuk teh, atau dikenal dengan kuromame tea. Apabila melihat kandungan dan manfaatnya, tidak mengherankan pula apabila kedelai hitam dijadikan sebagai konsumsi minuman diet. Sebagaimana dijelaskan dalam corsica-images.com, teh kedelai hitam (kuromame tea) bermanfaat untuk,

1. Menyerap Lemak Dalam Tubuh

Kuromame atau Kedelai hitam, dikenal sebagai “Mahkota kacang,” mengandung antioksidan yang disebut anthocyanin. Ini memiliki kemampuan untuk mempertahankan terhadap penyakit dan juga digunakan dalam pencegahan kanker. Menurut jurnal makanan obat, anthocyanin ditemukan memiliki properti langka yang dapat menyerap lemak dalam tubuh.

2. Mengontrol Nafsu Makan

Kedelai hitam atau kuromame  merupakan sumber serat. Minuman alami dari kacang ini membantu untuk memastikan Anda yang memakan banyak serat, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna dan karena itu membantu Anda makan lebih sedikit. Teh kedelai hitam bekerja sebagai pengontrol nafsu makan dengan membuat Anda merasa lebih lengkap dengan makanan kurang.

3. Mengontrol Gula Darah

Teh Kedelai hitam rasanya agak manis, yang dapat membantu mengontrol gigi  dan mengganti asupan gula Anda sehari-hari. Itu luar biasa juga bertindak sebagai  untuk mengontrol gula darah dan kadar kolesterol. Selain diet , ini juga mengandung lemak sehat dan karbohidrat yang rendah, yang akan membantu Anda menjaga tubuh fit.

4. Meningkatkan Metabolisme

Teh tinggi dalam isoflavon komposit, yang membantu untuk meningkatkan tingkat metabolisme. Ini meningkatkan metabolisme membuat  lemak tubuh Anda sebagai energi. Karena ini, lemak dibakar lebih cepat dari tubuh dan tujuan Anda untuk menurunkan berat badan menjadi lebih mudah.

5. Membantu Terlihat Lebih Muda

Minuman alami ini mengandung senyawa yang dikenal sebagai polifenol yang bekerja sebagai anti-penuaan untuk membantu  Anda terlihat muda dan segar.

Nampaknya beragam manfaat tersebut sejalan pula dengan hasil penelitian di korea. Dikutip dari mediainformasillll.blogspot.co.id,

Beberapa peneliti Korea yang dipimpin oleh Shin Joung Rho di Hanyang University, Seoul, memberikan diet yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi dalam jumlah yang berlebihan selama 28 hari. Beberapa tikus diberikan suplemen kacang kedelai hitam dalam kadar yang berbeda-beda dan beberapa tikus tidak diberikan sama sekali sebagai kontrol penelitian.

Setelah dua minggu, tikus yang mendapatkan 10% energi dari kacang kedelai hitam hanya mengalami peningkatan berat badan separuh yang dialami kelompok kontrol yang sama sekali tidak mendapat kedelai hitam.

Tikus yang mendapat diet 10% kacang kedelai hitam juga memiliki kadar kolesterol total 25% lebih rendah dan kadar kolesterol LDL (‘lemak jahat’) 60% lebih rendah dibandingkan kelompok kontrol. Sedangkan kadar kolesterol HDL (‘lemak baik’) pada kelompok diet kedelai hitam 10% jauh lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol.

Penelitian ini menunjukkan bahwa diet kacang kedelai hitam dapat menghambat peningkatan berat badan secara signifikan dan membantu penurunan kadar kolesterol, demikian tulisan Rho dalam Journal of the Science of Food and Agriculture. [Selesai kutipan]

Melihat yang demikian, sepertinya boleh juga memasukkan kedelai hitam ke dalam menu diet.

 

Ilustrasi : foodbene.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply