Bagaimana Konsumsi Buah yang Baik?


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Buah dikenal memiliki serat dan beragam nutrisi bermanfaat. Karenanya, menambahkan buah-buahan ke dalam menu harian sepertinya cukup efektif untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Namun permasalahannya, ketika hendak memanfaatkan buah, kita cenderung sekadar berfokus pada gizi yang terkandung dalam buah. Padahal, untuk memperoleh hasil yang maksimal, tentu perlu pula diterapkan cara terbaik dalam mengkonsumsinya. Bagaimana sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan? Menurut Amazine.co, ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi buah, yakni :

Bagaimana

Untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana sebenarnya makan buah yang baik, kita harus terlebih dahulu memahami komposisi berbagai buah-buahan. Berikut adalah diantaranya:

  • Buah yang memiliki sifat asam seperti limau dan jeruk.
  • Buah yang memiliki banyak serat (buah-buahan yang dimakan dengan kulitnya, seperti apel, anggur, dan lain-lain).
  • Buah yang memiliki banyak kandungan air (melon, semangka, dll).
  • Buah-buahan berdaging (pisang, apel, mangga, dll).

Tergantung pada sifat dari buah-buahan ini, lebih baik untuk memakan mereka dalam kombinasi tertentu atau dikonsumsi sendirian.

Namun, selalu dianjurkan makan satu jenis buah saja untuk menghindari pencampuran dengan buah-buahan lain.

Artinya, sebanarnya tidak mengapa jika Anda ingin makan lebih dari satu buah pada satu waktu, tetapi cobalah untuk makan satu jenis buah saja, dan menghindari menggabungkan buah manis dengan buah asam.

Juga, lebih baik untuk merencanakan makanan Anda, sehingga makanan yang dikonsumsi tidak berbenturan; misalnya makan yogurt dan kemudian makan buah jeruk.

Kombinasi tersebut tidak bekerja baik pada perut, dan bisa menyebabkan sakit perut serta gangguan pencernaan.

Serat dikenal membantu pergerakan makanan di perut. Itu sebab, buah-buahan yang kaya serat lebih tepat dikonsumsi sebelum makan untuk membantu pergerakan makanan.

Hanya saja, bukan berarti buah-buahan tidak boleh dikonsumsi setelah makan. Tapi, akan lebih baik untuk memberi jeda sekitar 1 jam setelah makan sebelum Anda mengkonsumsi buah-buahan.

Hal ini karena beberapa buah-buahan tidak bereaksi baik dengan sayuran, dan ada kemungkinan akan menyebabkan timbulnya gas dalam perut Anda.

Kapan

Sementara tidak ada yang salah dengan makan buah-buahan setelah makan, lebih baik untuk mengkonsumsi buah-buahan sebelum makan.

Terdapat alasan bagus untuk ini. Buah-buahan mengandung gula dalam bentuk paling alami, sehingga tidak harus dipecah menjadi bentuk yang lebih sederhana sebelum diserap tubuh.

Juga, sebagian besar buah-buahan mengandung hampir 90% sampai 95% air. Dengan demikian, mereka hanya membutuhkan 15-25 menit untuk dicerna.

Jadi, jika dikonsumsi setelah makan, buah-buahan harus menunggu giliran untuk dicerna. Hal ini akan membuat perut terasa penuh.

Sebaliknya, jika dikonsumsi sebelum makan, buah telah dicerna terlebih dahulu dan tidak perlu menunggu giliran sebelum diserap tubuh.

Satu hal yang perlu diingat, pada orang dengan diabetes, makan buah-buahan tertentu dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat. Dalam kasus tersebut, akan lebih baik untuk menggabungkan buah dengan sedikit karbohidrat atau protein. [Selesai kutipan]

 

Ilustrasi : tipsanak.info


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply