Kenapa Orang Kurus Sering Kedinginan?


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Selama ini kita banyak disibukkan dengan program penurunan berat badan. Program tersebut secara umum ditujukan untuk mengurangi kadar lemak yang dipercaya menjadi pemicu obesitas. Memang, obesitas dapat memicu beragam penyakit. Namun, ini bukan berarti lemak merupakan sesuatu yang buruk dan wajib dimusnahkan dari tubuh. Lemak memiliki berbagai peran untuk kesehatan.

Di antara fungsi lemak adalah menjaga suhu tubuh. Apakah anda kerap merasakan kedinginan? Bisa jadi, ini merupakan tanda bahwa tubuh memiliki kadar lemak yang rendah. Apakah bisa demikian? Bisa. Apabila kelebihan lemak dapat ditandai dengan obesitas, maka salah satu ciri kekurangan lemak adalah sebaliknya, kurus.

Untuk mengetahui apakah anda terlalu kurus, cobalah hitung indeks berat badan anda.


Indeks Berat Badan = Berat (kg) / kuadrat tinggi badan (meter)


Misal, anda memiliki berat badan 43 kg, dan berat badan 160 cm=1,6 m. Maka,


Indeks Berat Badan = 45 / ( 1,6 x 1,6 )

               = 17.5


Ditemukan indeks berat badan 17.5. Indeks tersebut berada dibawah indeks normal, yakni 18,5 (standar umum di asia). Dengan demikian, anda berada dalam kondisi kurus, yang mungkin juga memiliki kadar lemak rendah (kurang).

Mengapa kurangnya lemak dapat membuat seseorang kerap merasa kedinginan? Dijelaskan Mediskus.com,

Hampir setiap orang memiliki lapisan lemak tipis yang berada tepat di bawah kulit. Lapisan lemak ini dirancang untuk melindungi tubuh, menjaga panas di dalam tubuh kita sehingga suhu tubuh tetap dalam kisaran normal. Selain menahan panas di dalam, lapisan lemak ini juga bisa melindungi bagian dalam tubuh dari perubahan suhu ekstrim diluar tubuh. Cara kerja lapisan lemak ini adalah, ketika suhu kulit kita turun drastis atau ketika cuaca di luar dingin, timbunan lemak tadi akan menghasilkan panas yang membantu meningkatkan suhu tubuh ke kisaran normal kembali. [Selesai Kutipan]

Telah kita ketahui bersama, tubuh kurus cenderung memiliki kadar lemak yang rendah. Kurangnya kadar lemak ini tentu akan dapat mengganggu penjagaan suhu tubuh.

 

Ilustrasi : 1.bp.blogspot.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

 

Comments

You may also like...

Leave a Reply