Jahe, Herbal untuk Mengatasi Diabetes


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Jahe telah dikenal sebagai rempah yang bermanfaat untuk kesehatan. Sejak zaman dahulu, jahe biasa digunakan dalam ramuan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak heran, jahe memang dirasa efektif menghangatkan dan mengembalikan kesehatan tubuh. Bukan hanya itu. Sepertinya jahe juga amat bersahabat untuk mengatasi permasalahan tingginya kadar gula. Berikut ini penjelasan Mediskus.com, mengenai manfaat jahe untuk mengatasi diabetes.

Kontrol glikemik

Sebuah studi yang diterbitkan pada bulan Agustus 2012 dalam Jurnal Planta Medica menyimpulkan bahwa jahe dapat meningkatkan kontrol gula darah jangka panjang bagi penderita diabetes tipe 2.

Disamping itu para peneliti dari University of Sydney, Australia, menemukan bahwa ekstrak dari jahe australia Buderim Ginger kaya akan gingerol yang merupakan kandungan aktif pada rimpang jahe, terbukti dapat meningkatkan penyerapan glukosa darah ke dalam sel-sel otot tanpa memerlukan insulin. Itulah sebabnya jahe memiliki manfaat mengendalikan gula darah pada penderita diabetes melitus.

Sekresi insulin

European Journal of Pharmacology Edisi Desember 2009, para peneliti melaporkan bahwa ekstrak jahe berinteraksi dengan reseptor serotonin hingga pada akhirnya berefek meningkatkan sekresi insulin. Insulin inilah yang membantu menurunkan kadar gula darah dengan cara memasukkanya ke dalam sel-sel tubuh.

Pengobatan dengan ekstrak jahe tersebut membuat 35% per penurunan kadar glukosa darah dan 10 persen peningkatan kadar insulin dalam plasma.

Perlindungan Katarak

Sebuah studi yang dilakukan pada tikus, Molecular Vision edisi Agustus 2010,  menemukan bahwa dosis kecil jahe harian membantu menunda timbulnya katarak yang merupakan salah satu komplikasi diabetes jangka panjang. Sehingga selain menurunkan gula darah, jahe juga berperan mencegah komplikasi diabetes pada indra penglihatan (katarak)

Itulah di antara penjelasan mengenai manfaat jahe untuk mengatasi diabetes. Meskipun demikian, baiknya tetap berkonsultasi dengan dokter mengenai dosis aman konsumsi jahe ketika hendak mengkonsumsinya bersamaan dengan obat anti diabetes. Hal ini bertujuan untuk menghindari dampak hipoglikemia (kadar gula terlalu rendah) yang mungkin terjadi.

 

Ilustrasi : manfaatnyasehat.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply