Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Merah


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Kacang merah. Sebagaimana namanya, kacang ini memiliki warna merah/kemerahan. Bentuknya sedikit unik dan berbeda dengan kacang pada umumnya. Kacang merah biasa dimanfaatkan ke dalam beragam olahan makanan dan minuman. Dibalik pemanfaatan kuliner yang beragam, kacang merah juga menyimpan beragam manfaat untuk tubuh. Apa saja? Berikut ulasan alamtani.com mengenai kandungan gizi dan manfaat kacang merah.

Kandungan kacang merah

Kacang merah merupakan pangan nabati yang tergolong dalam keluarga kacang polong seperti kacang hijau dan kacang tolo. Kacang merah terdiri berbagai jenis, yang popular diantaranya red bean, kidney bean, hingga kacang adzuki atau kacang merah kecil.

Kacang merah mengandung kandungan asam folat, karbohidrat kompleks, serat, kalsium, hingga protein yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan serat yang terkandung dalam kacang merah sangat membantu penurunan kadar kolesterol dalam darah dan juga memberikan rasa kenyang lebih lama.

Selain kandungan gizi tersebut, kacang merah juga mengandung vitamin B6, fosfor,thiamin, mangan dan besi yang cukup tinggi walaupun sudah dikeringkan. Dari 100 gram kacang merah kering yang kita rebus, terdapat 9 gram protein yang mampu melengkapi 17 persen kebutuhan tubuh.

Untuk kacang merah jenis kidney bean, dari 100 gramnya mengandung protein dan asam amino yang tinggi. Adapun jumlah kandungan yang ditunjukkan dari kacang merah ini yaitu 1323 mg asam glutamat, 1049 mg asam aspartat, 595 mg lysine, 693 mg leucine, 537 mg arginin, 472 mg serine, 368 gram prolin, 393 glycine, serta kandungan nutrisi lainnya.

Manfaat kacang merah

  • Mampu mencegah kolesterol jahat di dalam tubuh dan memperlancar pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada kacang merah membantu pencernaan tubuh dalam menghancurkan makanan. Selain itu, kandungan omega 3 dan 6 yang juga dapat meningkatkan penghancuran kolesterol jahat.
  • Dapat mencegah risiko diabetes karena mengandung karbohidrat kompleks glikemik dengan indeks yang rendah sehingga dapat mencegah produksi gula berlebih di dalam tubuh.
  • Dengan kandungan asam folat dan vitamin B6, kacang merah dapat membantu pematangan sel darah merah, menurunkan level homosistein, hingga meningkatkan sintesa DNA dan RNA di dalam tubuh.
  • Dapat menjaga fungsi sistem saraf. Kandungan thiamin-nya dapat mencegah timbulnya penyakit beri beri. Serta mampu meningkatkan metabolisme karbohidrat di dalam tubuh.
  • Berfungsi baik dalam menurunkan berat badan karena kandungan seratnya yang tinggi. Membantu memperlancar sistem pencernaan makanan di dalam tubuh dan kalorinya yang rendah tidak menyebabkan kegemukan. Kandungan protein tinggi dapat meningkatkan perkembangan masa otot sehingga otot tubuh menjadi lebih kencang.
  • Dapat membantu proses pembekuan darah merah dan dapat memperbaiki komponen sel darah merah yang utama, mencegah risiko anemia, hingga mampu meningkatkan pembentukan tulang dengan kandungan besi, seng, dan tembaga.
  • Dapat meningkatkan proses metabolisme asam lemak, lipid, asam amino, sintesis neurotransmitter, sintesis histamine dan menjaga kesehatan kulit tubuh secara optimal dengan kandungan vitamin B6-nya.

 

Ilustrasi : resepkoki.id


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply