Manfaat Bunga Kol untuk Kesehatan


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Bunga kol, sayuran yang satu ini dikenal dengan bentuk menyerupai bunga. Sebagaimana brokoli, bunga kol juga banyak dimanfaatkan dalam aneka jenis masakan. Selain rasanya yang lezat, bunga kol menyimpan pula beragam kandungan baik yang membuatnya bermanfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat bunga kol? Berikut ulasan plimbi.com mengenai manfaat bunga kol untuk kesehatan.

Mencegah sariawan dan stres. Kapasitas dari antioksidan yang terkandung dalam bunga kol adalah mengandung vitamin C, mangan, dan antioksidan dalam jumlah yang cukup besar. Kembang kol diketahui banyak mengandung zat phytochemical yang disebut indoles dan glucosinates, glucobrassicin, glucoraphanin dan gluconasturtiian. Senyawa sehat ini berfungsi untuk menstimulasi pembetukan enzim yang ampuh buat melawan kanker, melindungi sel – sel tubuh dari oksidasi akibat stres, dan mencegah kerusakan sel – sel karena radikal bebas.

Mencegah sakit jantung. Bunga kol banyak mengandung vitamin K yang bersifat anti radang. Konsumsi secara teratur terhadap bunga kol segar akan membantu sirkulasi darah anda mengalir dengan lancar dan sehat, dimana kondisi ini akan membantu menjaga pembuluh darah dalam kondisi fit dengan adanya senyawa glucoraphanin. Glucoraphanin akan dikonversi menjadi zat isothiocyanates yaitu zat ini bagus buat mengaktifkan kegiatan anti peradangan dan mencegah akumulasi lipid dalam pembuluh darah. Hal ini akan membantu mencegah aliran darah menjadi tersumbat, sehingga mengurangi risiko kondisi seperti aterosklerosis, serta meningkatkan kesehatan jantung.

Isothiocyanate, indole – 3 – carbinol atau I3C merupakan komponen anti inflamasi yang berfungsi terhadap perbaikan tingkat genetik dan menghambat dorongan inflamasi pada tahap awal. Indoles telah terbukti secara efektif pada sintesis lipid, kadar trigliserida, dan kolesterol dalam upaya menjaga kesehatan jantung. Penelitian kesehatan membuktikan bahwa fungsi anti – trombotik dan anti – platelet dari indole 3 carbinol adalah memberikan kontribusi signifikan terhadap kesehatan jantung. Omega – 3 yang terkandung di dalam bunga kol merupakan salah satu bentuk asam alpha – lenolenic.

Mengatasi gangguan perut. Kembang kol merupakan salah satu sumber serat makanan yang banyak membantu pencernaan dan meningkatkan pengeluaran racun dari dalam tubuh. Kehadiran glukosinolat, glucoraphanin dan sulforaphane pada bunga kol adalah ampuh buat melindungi lapisan perut dan membantu dalam melawan pertumbuhan bakteri helicobacter pylori. Di samping itu, kembang kol segar memiliki mekanisme pertahanan, isothiocyanates dalam bisa buat mencegah risiko berbagai gangguan perut, seperti sakit maag dan kanker usus besar.

Melawan kanker. Bunga kol mengandung glukosinolat yang rusak untuk memberikan senyawa yang sehat seperti sulforaphane dan isothiocyanate, juga disebut sebagai indole 3 carbinol. Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa ini mempunyai efek kemopreventif dan anti – estrogen yang membantu dalam menghambat pertumbuhan sel – sel kanker. Bukti penelitian telah mendukung fakta bahwa dengan mengkonsumsi sayuran seperti kembang kol akan membantu seorang wanita terserang beragam penyakit kanker seperti kanker paru – paru, kanker kandung kemih, kanker payudara, kanker prostat, kanker ovarium dan kanker serviks.

Menjaga kesehatan tulang. Kembang kol diketahui banyak mengandung vitamin C yang berperan aktif dalam memproduksi kolagen yang melindungi sendi dan tulang dari adanya kerusakan akibat peradangan. Di samping itu kembang kol banyak mengandung vitamin K yang ampuh buat membantu mencegah kehilangan massa tulang, baik pada pria maupun wanita.

Mencegah gangguan kesehatan mata. Degenerasi makula dalam kembang kol kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan yang efektif dalam mengurangi resiko degenerasi makula atau penyakit terkait usia, yang bisa menyebabkan kebutaan pada orang tua. Sulforaphane dari kembang kol ampuh buat melindungi jaringan retina dari kerusakan yang disebabkan karena adanya stres oksidatif, mencegah gangguan penglihatan dan berbagai penyakit mata lain seperti katarak. Detoksifikasi dengan sayuran seperti bunga kol sangat penting untuk mendetoksifikasi tubuh. Kembang kol diketahui banyak mengandung zat indole – 3 carbinol, suatu phytonutrisi yang bersama dengan sulforaphane akan membantu mengaktifkan dan mengatur fungsi enzim – enzim detoksifikasi untuk mencegah gangguan kesehatan mata.

 

Ilustrasi : nefertarikirana.files.wordpress.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply