Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Kacang tanah. Kacang yang satu ini sepertinya cukup populer yaa. Pemanfaatannya bisa dikatakan cukup pesat. Mulai dari camilan, saus bumbu, hingga aneka roti, kacang tanah selalu memiliki tempat. Keberadaannya pun sudah amat sering kita temukan di berbagai tempat. Jadi, sepertinya sudah amat dikenal yaa. Selain memiliki fungsi di berbagai bidang olahan makanan, kacang tanah juga memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan. Misalnya saja seperti yang dikabarkan tradisionalin.com berikut ini.

1. Membantu meningkatkan kesuburan
Kacang tanah ini mempunyai kandungan asam folat yang berfungsi untuk meningkatkan kesuburan. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa wanita yang memiliki asupan asam folat sebanyak 400 mikrogram per hari maka akan terhindar dari resiko melahirkan bayi cacat dan prematur.

2. Untuk Melawan Depresi
Kacang tanah juga mengandung triptotan yang merupakan asam amino esensial yang membantu produksi serotonin. Serotonin tersebut merupakan suatu zat yang mengatur mood dalam otak. Dengan mengkonsumsi kacang tanah akan bermanfaat dalam meningkatkan efek antidepresan sehingga anda terhindar dari resiko stress dan depresi.

3. Mencegah penyakit batu empedu
Salah satu manfaat kacang tanah yang selanjutnya ialah bisa mencegah penyakit batu empedu. Menurut hasil riset menunjukkan bahwa mengkonsumsi 1 ons kacang tanah dalam seminggu bisa menurunkan resiko penyakit batu empedu sebesar 20%.

4. Mengatur kadar gula dalam darah
Dengan mengkonsumsi seperempat cangkir kacang tanah bisa mencukupi kebutuhan mangan sebesar 35% dari nilai yang diperlukan oleh tubuh per harinya. Mangan sendiri merupakan salah satu mineral penting yang berperan dalam membantu metabolisme karbohidrat dan lemak yang bisa membantu penyerapan kalsium dan mengontrol kadar gula dalam darah.

5. Menurunkan resiko penyakit jantung
Mengkonsumsi kacang tanah secara rutin bisa menurunkan resiko penyakit jantung, hal ini dikarenakan kacang tanah memiliki kandungan senyawa antioksidan yang bermanfaat dalam melindungi jantung dari kerusakan.

6. Meningkatkan daya ingat
Kandungan niacin dan vitamin B3 pada kacang tanah ini berguna untuk menjaga kesehatan otak dan untuk meningkatkan daya ingat atau memori. Kacang tanah juga sering dikaitkan dengan istilah makanan karena manfaat yang luar biasa untuk otak.

7. Mencegah kanker
Kandungan fitosterol ditemukan dalam kacang tanah yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan termasuk resiko penyakit kanker. Zat tersebut bisa mencegah munculnya tumor yang berpotensi berubah menjadi kanker dalam tubuh.

Itulah di antara manfaat kacang untuk kesehatan. Meskipun manfaatnya amatlah banyak, bukan berarti kacang tanah dapat dikonsumsi secara berlebihan. Sebaik apapun khasiatnya, tentu tidak akan baik apabila digunakan secara berlebihan.

 

Ilustrasi : 1.bp.blogspot.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply