Penyembuhan Infeksi Telinga Menggunakan Bawang Putih


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Bawang putih, bahan alami yang satu ini telah dikenal dalam beragam pengobatan tradisional. Manfaatnya amatlah banyak, mulai dari mengobati flu, menurunkan tekanan darah tinggi, melawan virus, bakteri, hingga mencegah kanker. Bawang putih juga dikabarkan baik untuk menyembuhkan infeksi pada telinga. Manfaat yang satu ini nampaknya tidaklah terlepas dari sifat anti-virus, dan anti-bakteri pada bawang putih. Bagaimana memanfaatkan bawang putih ini sebagai obat infeksi telinga? Berikut ulasan mengenai pemanfaatan bawang putih untuk penyembuhan infeksi telinga yang dijelaskan Mediskus.com.

  • Mengombinasikannya dengan minyak zaitun

Guna menyembuhkan infeksi telinga, Anda bisa mengombinasikan bawang putih dengan minyak zaitun. Cukup sediakan 1 siung bawang putih segar (organik lebih baik) dan 2 sdm minyak zaitun atau wijen.

Cara tercepat untuk menyembuhkan infeksi telinga adalah dengan memanaskan minyak zaitun lalu tambahkan cincangan bawang putih ke dalamnya. Jaga api tetap kecil, dan panaskan keduanya selama lebih kurang 20 menit agar kandungan bawang putih meresap ke dalam minyak.

Setelah itu, saring bawang putihnya. Simpan dalam lemari es karena adonan bisa beracun bila dibiarkan berada terlalu lama dalam suhu kamar. Sesudah dingin, bubuhkan 2 tetes minyak zaitun tadi ke dalam telinga.

Alternatif lain tanpa perlu memanaskan bawang putih sebenarnya hampir sama. Anda tinggal merendam cincangan bawang putih ke dalam minyak zatun selama 2-3 jam, dan gunakan tetesannya.

  • Bawang putih saja

Jika tak punya minyak zaitun, maka Anda bisa memakai bawang putih saja. Tinggal kupas lalu cincang kasar bawang putih, dan bungkus dengan kain kasa tipis. Lalu masukkan kain kasa tersebut ke dalam telinga, pastikan ujung kasa tetap nongol sehingga Anda bisa menariknya dengan mudah setelahnya. Diamkan selama 30 menit atau lebih. Anda bahkan bisa membiarkannya semalaman karena cara ini juga manjur untuk mengatasi sakit kepala.

Meski cara ini tak seefektif metode dengan minyak zaitun, namun dirasa lebih aman, khususnya bagi mereka yang khawatir dengan kondisi gendang telinganya. Untuk memaksimalkan khasiatnya, Anda juga bisa meletakkan handuk hangat untuk menambah sensasi hangatnya.

Akan tetapi, Anda tidak disarankan mempraktikkan metode ini pada anak-anak karena mereka bisa mendorong potongan bawang putih masuk terlalu dalam ke lubang telinganya.

  • Minyak bawang putih

Anda juga bisa langsung mengaplikasikan beberapa tetes minyak bawang putih ke dalam lubang telinga menggunakan pipet atau cotton ball. Begitu telinga merasakan sensasi panas yang disebabkan oleh bawang putih, maka rasa sakit biasanya mulai reda. Untuk aplikasi dengan menggunakan cotton ball, diamkan itu dalam telinga selama lebih kurang 30-35 menit atau lebih lama.

  • Bawang putih dan garam

Didihkan 3-5 siung bawang putih ke dalam air selama 5-7 menit, lalu angkat dari api. Lumat bawang putih bersama dengan garam, masukkan dalam kain kasa, lalu letakkan di posisi berlawanan dengan area terinfeksi selama beberapa menit. Ulangi bila perlu hingga rasa sakit reda.

Beberapa hal lain yang perlu dicatat dari semua tips di atas adalah:

  • Selalu gunakan bawang putih yang masih segar karena kandungan gizinya lebih banyak ketimbang bawang putih kering atau yang sudah dikemas.
  • Jangan teteskan cairan apapun ke dalam telinga jika Anda mencurigai adanya cedera pada gendang telinga.
  • Perawatan menggunakan bawang putih ini tak bisa sekali saja, harus diulangi beberapa kali tergantung dari tingkat infeksi yang dialami.
  • Kondisi telinga harus dalam keadaan bersih agar tak terjadi infeksi lainnya.

Bila beberapa cara di atas sudah dilakukan, namun telinga masih terasa sakit, maka segera hubungi dokter.

 

Ilustrasi : selingkaran.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply