4 Jenis Buah Ini Baik untuk Mengatasi Diare


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Diare merupakan salah satu gangguan yang menyerang sistem pencernaan. Meski terdengar sederhana, penyakit ini cukup mampu menguras tenaga manusia dengan banyaknya pembuangan cairan. Pada kasus yang fatal, bahkan seorang penderita diare pun dapat mengalami kasus dehidrasi. Tidak heran, karena pada gangguan yang satu ini, cairan tubuh penderita akan amat banyak terkuras. Selain dengan ramuan obat, ternyata kita juga dapat memanfaatkan beberapa buah-buahan untuk mengatasi diare. Apa saja buah-buahan tersebut? Berikut beberapa buah yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi diare sebagaimana dikabarkan vitsehat.com.

  1. Apel

Apel merupakan buah yang berserat padat, namun untuk mengkonsumsinya pada saat diare, harus mengolahnya menjadi saus apel, guna memperoleh kandungan pactin, glukosa serta zat lain yang bisa mengurangi diare. Usus sangat lemah pada saat terkena diare, untuk menyerap kandungan zat yang ada dalam apel, perlu menghaluskan terlebih dahulu buah apel tersebut. Kandungan yang ada dalam apel seperti antioksidan juga mampu mengusir partikel dan bakteri jahat yang ada didalam tubuh. Maka dari itu, manfaat apel untuk obat diare sangat efektif.

  1. Blueberry

Blueberry memiliki manfaat untuk mengatasi gejala diare. Dengan mengkonsumsi blueberry pada saat diare, beberapa kandungan yang ada didalamnya akan dapat meredakan diare. Untuk memperoleh manfaat blueberry sebaiknya diolah dalam keadaan kering. Kandungan yang ada didalam buah blueberry yaitu tannins yang berfungsi sebagai astringent yang mampu membuat jaringan mengalami kontraksi, meminimalisir peradangan, dan membantu proses keluarnya cairan dan lendir yang bersifat toksit terhadap tubuh. Anthocyanosides merupakan salah satu sumber antioksidan berfungsi sebagai anti bakteri. Pectin atau serat soluble yang membantu proses terserapnya cairan didalam usus.

  1. Jambu biji

Buah yang satu ini memang memiliki manfaat guna mengobati penyakit diare. Jambu biji yang kaya akan kandungan yang dapat mencegah dan mengobati diare, bukan hanya buahnya saja, namun daun jambu biji juga memiliki sifat anti diare, terutama yang disebabkan oleh infeksi. Maka dari itu, mengkonsumsi buah jambu biji atau daunnya akan dapat mengobati penyakit diare.

  1. Salak

Kandungan zat tannin dalam buah salak mampu mengobati diare, maka dari itu mengkonsumsi salak pada saat diare akan membantu mengobati diare karena kandungan zat tanninnya. Zat tannin pada salak berperan sebagai anti bakteri, sehingga bakteri penyebab penyakit diare mampu diatasi. Untuk mengkonsumsi salak pada saat diare agar mendapatkan manfaatnya, maka mengkonsumsi sekalian dengan kulit ari buah salaknya. Karena kulit ari buah salak berperan membantu melancarkan sistem pencernaan.

 

Ilustrasi : ultraimg.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply