Penyebab Mulut Kering


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Sebagian di antara kita mungkin pernah mengalami xerostomia atau mulut kering. Pada keadaan ini, mulut akan terasa lebih kering akibat sedikitnya produksi air liur. Keadaan yang demikian ini tentu akan membuat seseorang merasa kesulitan untuk menelan dan merasakan makanan. Bukan tanpa alasan, ternyata kondisi xerostomia ini dapat dipicu beberapa permasalahan lain. Berikut di antara penyebab xerostomia (mulut kering) yang umum, sebagaimana dikabarkan Amazine.co.

1. Efek Samping Obat

Obat-obatan merupakan penyebab paling umum terjadinya xerostomia. Ratusan obat dapat menyebabkan mulut kering.

Termasuk diantaranya adalah obat penghilang rasa sakit, obat-obatan untuk depresi, obat flu, obat kejang otot, dan obat alergi.

Orang lanjut usia sering minum banyak obat-obatan, termasuk obat yang mungkin bisa menyebabkan mulut kering. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang mengalami kondisi mulut kering.

2. Komplikasi dari Penyakit dan Infeksi

Beberapa penyakit berhubungan dengan mulut kering. Diantaranya adalah diabetes, anemia, cystic fibrosis, rheumatoid arthritis, tekanan darah tinggi, dan infeksi HIV.

Xerostomia juga terjadi pada sindrom Sjogren. Pada kondisi ini, antibodi tubuh menyerang kelenjar saliva dan kelenjar air mata.

Beberapa infeksi virus, seperti penyakit gondok, juga memengaruhi produksi air liur dan menyebabkan xerostomia.

3. Dehidrasi

Setiap kondisi yang menyebabkan hilangnya cairan tubuh juga dapat menyebabkan xerostomia.

Kondisi ini termasuk demam, keringat berlebihan, muntah, diare, kehilangan darah, atau kehilangan air melalui kulit karena luka bakar.

4. Terapi Radiasi

Xerostomia adalah efek samping yang umum terjadi karena terapi radiasi untuk mengobati kanker di kepala dan leher.

5. Operasi Pengangkatan Kelenjar Ludah

Jika terjadi pembengkakan yang besar pada kelenjar ludah, operasi pengangkatan kelenjar mungkin harus dilakukan. Jika kelenjar ludah diangakat, maka tentu saja produksi air liur akan terhenti.

 


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply