Cara Praktis Melunakkan Daging dengan Daun Pepaya


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Sudah rahasia umum apabila daun pepaya dikenal dengan rasa yang pahit. Rasa yang demikian ini cukup membuat sebagian orang berfikir berkali-kali untuk memanfaatkannya. Meski demikian, tidak sedikit pula orang yang mau menahan rasa getirnya, mengingat khasiat daun pepaya untuk kesehatan. Ya, meskipun pahit, ternyata daun pepaya cukup menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan. Dalam salah satu penelitian bahkan ditemukan khasiat daun pepaya untuk menghambat pertumbuhan sel tumor.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, daun pepaya juga dipercaya turut bermanfaat dalam pengolahan daging. Kabarnya, kandungan enzim di dalam daun pepaya ini cukup efektif digunakan sebagai pelunak daging.

Sudah sesuatu yang lazim apabila pelunakkan merupakan salah satu tantangan pengolahan daging. Bagaimana tidak? Sedikit atau banyak, kelunakan daging ini akan membuat kinerja gigi sebagai penghancur makanan menjadi lebih ringan dan mudah. Kemudahan ini tentu akan membuat kita lebih nyaman dalam mengkonsumsi daging.

Untuk memperoleh kemudahan tersebut anda tidak perlu bersusah payah dalam mengolah daging. Cobalah manfaatkan beberapa daun pepaya sebagai pelunak daging. Bagaimana caranya? Berikut beberapa langkah praktis tersebut.

  • Membungkus daging dengan daun pepaya

Langkah ini amatlah praktis. Cukup kemas daging menggunakan beberapa lembar daun pepaya. Untuk mengemasnya, pastikan seluruh bagian daging benar-benar terbungkus dengan daun pepaya. Hal tersebut akan semakin memaksimalkan pelunakkan bagian-bagian daging. Diamkan daging yang terbungkus selama beberapa waktu agar kandungan daun pepaya bekerja dengan maksimal.

  • Membalur daging dengan serpihan daun pepaya

Langkah ini dapat anda pilih untuk lebih memaksimalkan pelunakkan daging. Pada langkah ini anda perlu menghancurkan daun pepaya sebelum kemudian mempertemukannya dengan daging yang hendak dilunakkan. Anda dapat memilih membalur daun pepaya halus pada daging utuh atau setelah melalui pemotongan. Setelah membalurkan daun pepaya halus, diamkan sejenak daging agar kandungan daun lebih meresap dan pelunakkan daging berjalan maksimal.

  • Merebus daging dengan daun pepaya

Di antara langkah sebelum-sebelumnya, bisa dikatakan langkah inilah yang banyak menghemat waktu. Cukup dengan merebus daging beserta daun pepaya secara bersamaan. Selain melunak, daging juga melalui sedikit proses pematangan. Dengan demikian, anda tidak perlu lagi mengambil waktu lama dalam memasaknya.

Langkah perebusan ini sepertinya juga cukup efektif bila dibandingkan dengan dua langkah sebelumnya. Ketika daging melalui perebusan bersama daun pepaya, semestinya kandungan daun pepaya akan lebih efektif merasuk ke dalam daging. Karenanya, pelunakkan daging diharapkan akan lebih maksimal.

Itulah di antara langkah untuk memanfaatkan daun pepaya sebagai pelunak daging. Tidak perlu takut akan rasa daun yang pahit. Karena dalam pemanfaatan ini kita tidak benar-benar mengkonsumsi daun pepaya, bukan..?

 

Ilustrasi : bkpd.jabarprov.go.id


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply