Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Alpukat, buah berkulit hijau menyerupai coklat ini telah banyak dipercaya memiliki kandungan nutrisi baik bagi tubuh. Mulai dari beragam vitamin, asam folat, hingga lemak sehat. Selain baik untuk menjaga kolesterol tubuh, ternyata alpukat juga menyimpan beragam manfaat baik untuk ibu hamil. Berikut ulasan alwib.net mengenai manfaat alpukat untuk ibu hamil.

1. Mencegah Terjadinya Deformitas Pada Calon Bayi

Manfaat alpukat untuk ibu hamil yang pertama yaitu mencegah terjadinya deformitas pada calon bayi yang akan lahir. Bayi yang baru lahir akan membutuhkan banyak asam folat.

Hal yang terjadi ketika bayi kekurangan asam folat maka deformitas akan menghampiri bayi.  Susunan gigi pada bayi tersebut tidak dapat tumbuh secara teratur akibat gangguan yang terjadi pada rahang dan pada bagian gigi susunya juga tidak dapat tanggal pada waktu yang tepat.

2. Mencegah Terjadinya Cacat Syaraf Pada Janin

Manfaat alpukat untuk ibu hamil yang kedua yaitu mencegah terjadinya cacat syaraf pada janin yang masih berada di dalam kandungan. Untuk ibu yang sedang mengandung sebaiknya mengonsumsi buah alpukat sebanyak ½ cangkir setiap harinya.

Di dalam setiap irisan buah alpukat tersebut terdapat kandungan asam folat sebanyak 59 mcg. Kandungan asam folat yang terdapat di dalam buah alpukat ini juga dapat mencegah terjadinya cacat pada syaraf janin.

3. Mencegah Terjadinya Komplikasi Pada Ibu Hamil

Manfaat alpukat untuk ibu hamil yang ketiga yaitu mencegah terjadinya komplikasi yang terjadi pada ibu hamil. Pada saat ibu sedang mengandung akan ada posisi di mana ibu akan merasa sangat kelelahan hingga terjadi komplikasi, insomnia, anemia, perubahan mood yang tidak diinginkan dan terjadinya preeklamsia atau tekanan darah tinggi. Hal tersebut dapat menyebabkan kematian pada janin yang ada di dalam kandungan akibat keracunan.

4. Mengatasi Radang Pencernaan Pada Ibu Hamil

Manfaat alpukat untuk ibu hamil yang keempat yaitu mengatasi radang pencernaan yang terjadi pada ibu hamil. Di dalam buah alpukat ini terdapat kandungan beta karoten dan juga likopen yang dapat memberikan nutrisi pada ibu hamil terlebih ketika terjadi radang lambung dan radang yang terjadi pada lapisan mukosa serta pada usus halus. Enzim yang terdapat di dalam buah alpukat akan membantu untuk mengatasi masalah tersebut.

5. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi Pada Ibu Hamil

Manfaat alpukat untuk ibu hamil yang kelima yaitu meningkatkan penyerapan nutrisi pada ibu hamil. Dengan mengonsumsi buah alpukat maka penyerapan terhadap karotenoid yang ada di dalam tubuh dapat terpenuhi.

Hal ini tentunya dapat membantu janin untuk terhindar dari berbagai macam penyakit yang biasanya mengganggu mata. Buah ini juga dapat membantu untuk meningkatkan perkembangan otak serta syaraf.

Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah alpukat ini sebanyak 1 cangkir yang di dalamnya tersebut mengandung 22 mg zat kolin yang sangat diperlukan oleh bayi.

6. Asupan Kalsium Ibu Hamil

Ketika seorang wanita sedang dalam masa kehamilan, maka kebutuhan tubuhnya akan semakin naik, salah satunya kebutuhan kalsium. Alpukat memiliki kandungan kalsium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil.

Kalsium yang terkandung dalam buah alpukat bermanfaat untuk ibu hamil sebagai zat pembangun dan pembentukan tulang pada bayi.

7. Mempercepat Penyerapan Zat Besi

Ibu hamil akan sering mengalami anemia karena tubuhnya kekurangan zat besi (Fe). Oleh karena itu ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin C untuk mempercepat penyerapan zat besi dalam tubuh.

Kandungan vitamin C pada buah alpukat sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan bersifat alami. Jika ibu hamil mengkonsumsi vitamin C kimiawi dikhawatirkan malah akan kelebihan dan bisa menyebabkan keguguran.

8. Pembentukan Sel Darah Merah

Kandungan vitamin K pada buah alpukat bermanfaat untuk membantu pembentukan sel darah merah bagi ibu hamil. Selain itu, vitamin K pada alpukat juga bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang bagi janin dalam kandungan.

Vitamin K sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin dalam kandungan. Mengkonsumsi buah alpukat bisa menjadi jalan bagi ibu hamil untuk mendapatkan vitamin K.

9. Meningkatkan Produksi Hormon Prolaktin

Buah alpukat mengandung vitamin E yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Vitamin E ini berfungsi untuk menghasilkan hormon prolaktin. Apabila ibu hamil kekurangan vitamin E bisa jadi berpengaruh kepada kondisi emosional ibu hamil.

Vitamin E yang terdapat dalam buah alpukat juga bermanfaat bagi bayi. Vitamin E memberikan lingkungan yang nyaman bagi bayi dan berperan sebagai anti penuaan.

 

Ilustrasi : organicfacts.net


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply