Cuka Apel Mengatasi Asam Urat


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Cuka apel, cuka yang berasal dari fermentasi buah apel ini telah dipercaya memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh. Kandungannya yang kaya manfaat membuat cuka apel semakin akrab saja dalam beragam perawatan kesehatan. Selain bermanfaat untuk kesehatan rambut, cuka apel ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat. Mengapa demikian? Berikut beberapa poin manfaat cuka apel yang membuatnya baik untuk mengatasi asam urat, sebagaimana dikabarkan Amazine.co.

1. Menghancurkan Kristal Asam Urat (De-crystalization)

Salah satu karakteristik dari arthritis adalah adanya pembentukan kristal asam urat di sekitar persendian.

Asam malat, salah satu senyawa aktif dalam cuka apel, efektif melarutkan kristal asam urat sehingga bisa dikeluarkan dari tubuh.

Direkomendasikan untuk menggunakan cuka apel secara rutin. Hal ini karena cuka apel hanya menghilangkan kristal yang sudah terbentuk, tapi tidak bisa mencegah terbentuknya kristal.

2. Antioksidan

Cuka apel mengandung antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan memperlambat perkembangan arthritis.

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang berkontribusi terhadap penyakit degeneratif seperti arthritis.

Salah satu antioksidan dalam cuka apel mengandung beta karoten, suatu antioksidan yang mudah larut dan mudah diserap.

3. Pereda Nyeri

Kandungan asam asetat dan asam malat yang tinggi dalam cuka apel efektif  mengurangi rasa sakit akibat arthritis dan membantu melawan infeksi.

Cuka apel sering dikombinasikan dengan gotu kola (suplemen herbal) yang berfungsi sebagai pereda nyeri yang efektif.

4. Kompres (Poultice)

Poultice atau mengompres adalah satu cara yang sederhana namun efektif untuk mendapatkan manfaat dari cuka apel untuk arthritis.

Untuk membuat poultice, campurkan 1 ½ cangkir air dengan ¼ cangkir cuka apel ke dalam panci kemudian panaskan hingga hangat-hangat kuku.

Rendam handuk kecil yang lembut ke dalam cairan tersebut, peras, dan tempelkan ke area yang sakit atau persendian yang terkena arthritis.

Bungkus dengan kain kering agar kompresan tetap menempel dan membantu mempertahankan panas. Biarkan selama 10-15 menit, kemudian ulangi prosedur di atas dua atau tiga kali. Langkah ini bisa dilakukan selama diperlukan.

5. Tonik

Penderita arthritis dianjurkan mengonsumsi 1 sendok makan cuka apel dua kali sehari. Cuka apel bisa diminum langsung jika kuat akan rasanya, namun bisa juga dilarutkan ke dalam segelas air. Tambahkan madu agar rasa cuka apel lebih enak.

 

Ilustrasi : cdn.vkool.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply