Bagaimanapun, Tubuh Tetap Membutuhkan Lemak


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Selama ini lemak telah diidentikkan dengan pemicu beragam permasalahan kesehatan. Memang, kelebihan lemak dapat menyebabkan obesitas yang rentan akan beragam gangguan pada tubuh. Namun, meskipun demikian, bukan berarti tubuh tidak membutuhkan lemak., sehingga lemak menjadi hal yang sangat perlu untuk dihindari. Dalam tubuh, lemak juga turut berperan dalam beragam hal. Kurangnya kadar lemak tentunya akan mengganggu fungsi tubuh berjalan dengan baik. Berikut penjelasan giziklinikku.blogspot.co.id mengenai fungsi lemak di dalam tubuh.

  1. Mendukung Pertumbuhan Sel

Sel-sel di dalam tubuh manusia ada begitu banyak yang tak akan bisa dihitung secara keseluruhannya dan setiap sel ini akan mendukung tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Lemak berperan penting dalam hal ini untuk memberikan proteiksi di lapisan membran sel atau lapisan luarnya. Apabila sel di dalam tubuh tidak dalam keadaan sehat, organ tubuh pun akan mudah terkena penyakit.

  1. Menyediakan Energi

Sebagai bagian dari kalori, selain karbohidrat dan protein, lemak pun memiliki fungsi sebagai penyedia energi, maka tidak salah bila menyebut lemak sebagau sumber energi. Ada 9 kalori di setiap 1 gram lemak dan sumber energi hanya datang dari lemak-lemak baik saja. Tanpa lemak, energi pun tak maksimal sehingga kita tak akan bisa menggerakan tubuh apalagi melakukan aktivitas seperti biasanya. Tanpa adanya energi, daya tahan tubuh akan otomatis menurun dan ada berbagai macam penyakit yang berpeluang menyerang tubuh, maka lemak di sini sangat penting dalam memberikan perlindungan pada kesehatan tubuh kita.

  1. Mendukung Produksi Hormon

Tubuh sangat memerlukan hormon demi sistem kerja organ tubuh yang diatur dengan baik, berikut juga untuk mengatur sistem respon bagi tubuh. Produksi hormon harus selalu dijaga baik dan lemaklah yang akan memainkan peran tersebut sehingga kesehatan tubuh pun akan senantiasa terjaga sempurna. Produksi hormon yang menurun bisa dikarenakan kekurangan lemak dan inilah yang menjadi pemicu sulitnya tubuh untuk berkembang atau kondisi di mana perkembangan tubuh tak bisa sesuai dengan umur.

  1. Membantu Kinerja Otak

Organ tubuh vital yang perlu diperhatikan kesehatannya adalah sistem otak dan saraf. Ada sel-sel pembangun yang berpengaruh terhadap kesehatan otak lalu berpeluang meningkatkan hubungan antara sel otak dan sel motorik. Sel-sel di dalam otak akan dibantu oleh lemak untuk mengalami perkembangan yang lancar sehingga terbentuklah lapisan sel yang kesehatannya terjaga. Karena lemaklah kita bisa berkonsentrasi dan berfokus pada suatu hal yang kita kerjakan serta berpikir cepat. Kecerdasan otak manusia tak luput dari peran lemak juga.

  1. Mengendalikan Bobot Tubuh

Lemak identik dengan berat badan berlebih dan banyak orang beranggapan bahwa lemak hanya mampu membuat bobot tubuh meningkat. Padahal kenyataannya, lemak memiliki fungsi untuk menolong tubuh supaya kita bisa mencapai bobot tubuh ideal yang ditargetkan. Mengendalikan bobot tubuh dengan lemak bukanlah hal yang mustahil asalkan kita tahu betul apa sumber makanan yang dikonsumsi. Jenis biji-bijian dan sejumlah jenis ikan mengandung lemak sehat yang dapat dikonsumsi dengan porsi yang tepat sehingga tubuh tak hanya sehat, tapi berat badan akan stabil.

  1. Mendukung Proses Penyerapan Vitamin

Tubuh senantiasa membutuhkan beragam jenis vitamin agar dapat bekerja secara optimal dan perlu diketahui bahwa ada jenis vitamin yang dapat mudah larut di dalam lemak, seperti vitamin K, E, D dan vitamin A. Vitamin K sangat berfungsi untuk mendukung adanya proses pembekuan darah, vitamin E sangat baik untuk menyehatkan kulit, vitamin D berfungsi menguatkan gigi dan tulang serta mendukung penyerapan kalsium, sementara vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata. Semuanya ini tentu membutuhkan lemak karena tubuh tak akan mampu menyerap vitamin tanpa adanya lemak.

  1. Menaikkan Tingkat Kesuburan

Manfaat lemak tak hanya sekadar menjaga kesehatan atau melindungi tubuh dari serangan penyakit, tapi lemak pun berperan mendukung proses peningkatan kesuburan. Para perempuan usia remaja dan dewasa yang dalam usia subur dengan asupan lemak yang cukup akan mengalami siklus datang bulan yang jauh lebih teratur apabila dibandingkan dengan para perempuan yang tidak memenuhi kebutuhan lemak cukup di dalam tubuhnya. Ini menjadi alasan lain mengapa lemak adalah nutrisi penting yang tak boleh sampai dilewatkan.

  1. Mendukung Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit kita juga didukung penuh oleh lemak selain fungsinya sebagai pelindung tubuh. Itulah mengapa ada tanda-tanda kulit yang kusam dan bersisik pada seseorang yang tidak mendapat cukup lemak di dalam tubuhnya. Sebagai indikator pelindung terhadap cuaca yang mudah berubah, lemak menjadi nutrisi yang amat penting.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit

Selama tubuh memperoleh lemak baik pada takaran kebutuhan harian yang tepat dan bukannya lemak jahat, maka tubuh akan terlindung dari segala penyakit, termasuk stroke dan penyakit jantung yang mengerikan. Lemak tak jenuh ganda adalah yang tubuh paling butuhkan karena lemak inilah yang akan memberikan perlindungan dari penyakit pembekuan darah, menjaga kesehatan jantung, serta menyehatkan dan mendukung fungsi otak tetap stabil.

 


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply