Kisah Meredakan Sakit Ginjal dengan Daun Sukun


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Selain baik untuk mengatasi permasalahan jantung, daun sukun juga dipercaya baik untuk mengatasi permasalahan ginjal. Berikut ini kisah tentang pemanfaatan daun sukun untuk mengatasi permasalahan ginjal yang kami kutip dari portalentebe.com.


Selama ini daun sukun dimanfaatkan masyarakat untuk pengobatan. Meski masih diperlukan penelitian ilmiah lebih lanjut, namun secara turun-temurun daun sukun dipercaya bisa mengobati sakit ginjal.

Setidaknya hal tersebut dinyakini oleh Ervina. Ibu rumah tangga ini dengan telaten merebus daun sukun untuk mengobati gagal ginjal orang tuanya. Sebulan mengkonsumsi rebusan daun sukun, kondisi orang tuanya mulai menunjukkan tingkat derajat kesehatan yang lebih baik dari sebelumnya.”Sekarang mendingan,”ungkapnya.

Sebelum mengkonsumsi rebusan daun sukun, Ia mengaku orang tuanya sering mengalami mual-mual, bengkak-bengkak, sesak nafas, susah tidur dan jika makan langsung muntah. Kejadian itu sering berulang selama berhari-hari.”Dulu jarang tidur, mual, bengkak, dan kalau makan langsung muntah,” ujarnya.

Diceritakan, suatu ketika orang tua pernah juga mengalami kejang – kejang. Akhirnya keluarga membawa ke rumah sakit. Dari sanalah diketahui bahwa gejala- gejala tersebut diakibatkan oleh gagal ginjal. Akhirnya solusi dari dokter harus dilakukan cuci darah. Atas petunjuk dokter, cuci darah sebaiknya dilakukan secara rutin dua kali seminggu seumur hidup.”Cuci darah terus,”katanya.

Setelah berikhtiar dengan melakukan cuci darah, diperoleh informasi dari mulut ke mulut bahwa gagal ginjal itu bisa diobati dengan cara minum ramuan yang terbuat dari rebusan daun sukun secara rutin. Meskipun belum mendapat penjelasan secara ilmiah, namun keluarga berusaha.

Sembari tetap melakukan cuci darah, usaha merebus daun sukun untuk pengobatan dilakukan. Ia membeberkan tata cara merebus daun sukun untuk mengobati gagal ginjal.

Awalnya ambilah tiga lembar daun sukun yang sudah tua/ warna hijau tua ke kuning-kuningan.

Di cuci bersih dan di potong- potong, untuk kemudian di jemur sampai kering.

Setelah kering rebuslah daun sukun kering ini dengan air dua liter menggunakan panci stainless atau kalau bisa dari periuk.

Terus rebus hingga airnya kurang lebih tinggal satu liter.

Selanjutnya isi kembali dengan air satu liter dan didihkan kembali hingga air sisa satu liter kembali.

Setelah didinginkan minum air rebusan daun sukun ini untuk terapi.

Tapi ingat jangan disisakan untuk besok hari. “Minum rebusan daun sukun. Caranya daun sukun kering direbus dengan air dua liter menggunakan stainless atau gerabah. Sisakan separuh, lalu isi lagi satu liter. Selanjutnya rebus kembali sampai tersisa satu liter. Baru kemudian setelah dingin baru diminum. Air rebusan tidak boleh disisakan untuk besok hari,” ungkapnya.

Setelah melakukan terapi tersebut selama berhari-hari, Ia mengaku jarang terjadi keluhan-keluhan seperti sebelumnya. Menurutnya, kondisi orang tua menjadi lebih sehat. Itu terlihat dari berkurangnya rasa mual, bengkaknya hilang dan jika makan tidak muntah lagi.”Jarang kayak dulu,”.

Ia mengaku meski sudah mendingan keluarga tetap membawa orang tua untuk melakukan cuci darah. Hal itu untuk mengantisipasi jangan sampai terulang sakit seperti sebelumnya. Hanya saja yang membedakan antara sebelum minum rebusan daun sukun dan sesudah adalah frekuensi cuci darahnya. Jika dulu dua minggu sekali, usai terapi daun sukun menjadi satu minggu sekali. Ia berharap orang tua bisa sembuh dari gagal ginjal sehingga tidak perlu cuci darah kembali.”Semoga sembuh,”pintanya.

Selain melakukan terapi tersebut, buah sukun juga dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Dan makanan yang dinyakini sebagai pantangan juga dihindari. ”Mengurangi nasi dengan makan buah sukun, juga tidak makan kacang, bayam, daun papaya, jeroan, singkong dan lainnya,”.

Ternyata meskipun hanya informasi dari mulut ke mulut, namun keluarga semakin yakin jika daun sukun itu mengobati gagal ginjal. Dan keyakinan itu bertambah ketika banyak ditemukan referensi di internet yang menyatakan bahwa daun sukun itu bermanfaat untuk mengobati sakit ginjal, liver, kardiovaskular dan penyakit lainnya.”Semua yang kita lakukan adalah ikhtiar semata,”pungkasnya.(D/Red)


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

 

Comments

You may also like...

Leave a Reply