Tips Pola Makan Sehat untuk Menambah Berat Badan


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Selain kegemukan, rupanya tubuh yang terlalu kurus juga cukup dapat menyita perhatian. Ketika sebagian orang berusaha keras melakukan pembakaran lemak, nampaknya ada pula sebagian lain yang mengupayakan penambahan lemak. Tidak dipungkiri, berat tubuh ideal merupakan salah satu penunjang kesehatan yang baik pula. Apakah anda termasuk salah satu yang sedang mengupayakan pertambahan berat badan? Berikut beberapa tips mengenai pola makan program penambahan berat badan sehat yang kami kutip dari Mediskus.com.

  • Makan teratur dan mencukupi

Makanlah secara teratur sehari tiga kali dengan porsi besar dan diselingi dengan porsi kecil. Hal ini bertujuan memenuhi kebutuhan kalori tubuh Anda, walau idealnya jumlah kalori yang diperlukan harus dihitung terlebih dahulu, namun tentu akan susah kita lakukan tanpa bantuan ahli gizi. Oleh karena itu, kita gunakan cara yang sederhana, yakni sebagai patokannya cermati jumlah porsi makan Anda sebelumnya, lalu tingkatkan jumlahnya dan perbaiki jenisnya jika perlu ketika Anda memulai program menambah berat badan ini.

  • Makanlah sumber lemak yang Sehat

Lemak yang sehat bisa didapatkan dari makanan seperti kacang-kacangan, produk susu – bahkan sudah tersedia susu penambah berat badan (ya boleh-boleh saja), daging, buah alpukat, dan minyak zaitun. Jauhi lemak jenuh ( lemak jahat ) yang diperoleh dari makanan olahan seperti junk food, karena walaupun dapat menambah berat badan namun yang dominan nantinya adalah jaringan lemak dan malah berisiko kolesterol tinggi dalam darah.

  • Sumber makanan tinggi protein

Protein sangat diperlukan untuk menambah berat badan karena selain dapat membangun otot, protein juga penting menunjang fungsi tubuh dan membangun sel-sel tubuh lainnya seperti komponen darah, tulang, kulit, dan rambut. Contoh makanan kaya protein yaitu daging, keju, susu, ikan, dan telur. Untuk vegetarian, protein dapat ditemukan dalam produk kedelai seperti tahu serta kombinasi makanan, seperti beras atau jagung dengan kacang.

  • Makanan Tinggi karbohidrat

Karbohidrat juga berperan menambah berat badan dengan membangun otot dan memfasilitasi semua fungsi vital tubuh. Karbohidrat adalah sumber energi utama yang diperlukan tubuh. Karbohidrat yang kita makan akan berubah menjadi glukosa atau gula dalam darah, jika terdapat sisa glukosa, maka akan disimpan dalam hati serta jaringan lemak dan otot. Beras merah, pasta, kentang dan biji-bijian masuk dalam kategori sumber karbohidrat yang baik. Karena gula akan dilepaskan perlahan-lahan ke dalam aliran darah dan memberikan pasokan energi selama jangka waktu yang panjang tanpa menyebabkan lonjakan insulin yang menyebabkan penyimpanan lemak berlebih.

  • Makan Sebelum Tidur

Salah satu cara unik untuk menambah berat badan yaitu mengubah jadwal makan di malam hari sebelum tidur atau di atas jam 8 malam. Karena pada sebuah penelitian terbaru, menunjukkan bahwa orang yang makan malam setelah pukul 20.00  memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi daripada orang yang tidak melakukannya, meskipun makan malamnya hanya makanan ringan.

  • Tetap terhidrasi

Minumlah banyak air, susu, jus segar dan minuman energi untuk memastikan tuhub terhidrasi dengan baik. Sebagai saran minuman sehat setidaknya 8-10 gelas air setiap hari. Tapi ingat, jangan minum air sebelum makan karena dapat menurunkan asupan kalori.

 


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply