Bunga Melati : Harum dan Bermanfaat


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Bunga melati amat dikenal dengan aroma harum yang khas. Karenanya, bunga berwarna putih ini banyak digunakan sebagai pengharum. Bukan hanya itu, bunga melati bahkan tidak jarang dimanfaatkan dalam pembuatan minuman teh. Selain menambah aroma dan cita rasa minuman, ternyata bunga melati juga banyak menyimpan manfaat untuk tubuh. Apa saja? Berikut beberapa manfaat bunga melati untuk kesehatan.

  • Meringankan Stress

Aroma harum melati dikabarkan dapat memberikan dampak terhadap otak dan syaraf, sehingga mengurangi ketegangan ataupun kecemasan. Bahkan, selain menurunkan denyut jantung, aroma melati dikabarkan pula dapat memberikan efek tenang pada indera. Hal yang demikian ini tentunya merupakan faktor pendukung hilangnya kadar stress.

  • Mengurangi Flu dan Pilek

Melati memiliki sifat Antivirus dan Antibakteri. Keduanya merupakan sifat yang amat menunjang peningkatan kualitas sistem imun. Sebagaimana telah banyak diketahui, lemahnya sistem imun disinyalir sebagai salah satu pemicu permasalahan flu dan pilek. Karenanya, melati dapat bermanfaat dalam mengatasi permasalahan tersebut. Untuk memanfaatkannya, anda dapat menggunakan teh melati sebagai minuman atau sekedar obat kumur.

  • Menurunkan Berat Badan

Teh Melati dipercaya dapat mengurangi kandungan sel lemak yang banyak di dalam tubuh.  Tidak diragukan lagi, berkurangnya kadar lemak cukup efektif untuk menurunkan berat badan.

  • Membantu Mengatasi Permasalahan Haid

Di dalam bunga melati terdapat senyawa Emmenagogue. Senyawa ini dapat membantu memperlancar siklus menstruasi pada wanita tanpa rasa sakit. Kelancaran siklus menstruasi ini akan meringankan beragam permasalahan lain seperti mual, kelelahan ataupun perubahan suasana hati.

  • Merangsang Sekresi ASI

Minyak esensial melati dipercaya dapat meningkatkan sekresi asi. Bukan hanya itu, bahkan kabarnya senyawa tersebut juga membantu pencegahan tumor dan kanker payudara.

  • Mengatur Produksi Insulin

Selain mencegah serangan diabetes, melati juga dipercaya memiliki manfaat dalam menurunkan kadar gula darah.

  • Mengurangi Resiko Penyakit Jantung dan Stroke

Melati dipercaya bermanfaat dalam mengurangi kadar kolesterol. Bukan hanya itu, teh melati bahkan dipercaya memiliki manfaat pula dalam menambah kadar lemak sehat pada tubuh. Tidak diragukan lagi, kedua hal tersebut merupakan faktor penunjang kesehatan jantung dan pengurang resiko stroke.

  • Menurunkan Resiko Kanker

Melati dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sebagaimana telah banyak diketahui, antioksidan amatlah baik dalam mengatasi radikal bebas. Selain mempercepat penuaan, radikal bebas dikabarkan memiliki keterkaitan dengan perkembangan kanker. Karenanya, melati dengan kandungan antioksidan tinggi ini nampaknya akan cukup baik untuk menurunkan kemungkinan resiko kanker.

 

Referensi :

  • http://cybex.pertanian.go.id/materipenyuluhan/detail/9482/manfaat-melati-jasmine-officinalle
  • http://khasimanfaat.com/manfaat-bunga-melati/

 

Ilustrasi : img.aws.ehowcdn.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply