Madu Bermanfaat Mengatasi Batuk


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Selama ini madu cukup banyak dimanfaatkan sebagai pemanis pengganti gula. Rasa dan kandungan gizi yang tinggi membuat sebagian orang lebih memilihnya dibanding gula.

Selain rasanya yang bersahabat, madu juga memiliki manfaat baik untuk mengatasi batuk.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Shadkam MN dkk menunjukkan bahwa madu lebih efektif dibandingkan obat batuk kering dekstrometorphan (DMP) dan difenhidramin yang biasa dipakai oleh para dokter untuk mengatasi batuk. Hasil studi itu menunjukkan bahwa minum madu dengan dosis 2,5-5ml sebelum tidur malam hari memberikan efek meredakan batuk yang lebih baik dibanding dekstrometorphan (DMP) dan difenhidramin dengan jumlah dosis yang sama. [1]

 

 

Bukan hanya mengobati batuk, bahkan madu juga bermanfaat dalam mengatasi pilek.

Seorang dokter anak di daerah Baldwin, New York yang bernama Alan Rosenbloom, MD menyebutkan bahwa madu dapat menjadi bagian dalam perawatan pilek yang diderita oleh anak-anak. [2]

Meskipun dapat dikonsumsi anak-anak, madu disarankan untuk diberikan kepada anak di atas usia 1 tahun. Sebelum usia 1 tahun, sistem pencernaan belum terbentuk dengan sempurna. Kandungan spora yang terdapat pada sebagian madu dikhawatirkan dapat memberi dampak negatif pada kesehatan buah hati akibat belum sempurnanya sistem pencernaan. Adapun untuk usia dewasa, permasalahan ini tidak perlu dikhawatirkan, sebab sistem pencernaan telah dapat berfungsi secara maksimal.

Cara Menggunakan Madu Sebagai Obat Batuk [3]

  • Untuk anak-anak usia 2 tahun ke atas yang menderita batuk akibat infeksi saluran pernapasan atas diberikan sampai 1-2 sendok teh (10 ml) madu pada waktu malam hari sebelum tidur. Madu tampaknya dapat mengurangi batuk malam hari dan membuat tidur nyenyak.
  • Untuk anak usia diatas 6 tahun dan dewasa dapat menggunakan dosis 2-4 sendok teh madu murni per hari.

 

 

Referensi :

[1] https://mediskus.com/herbal/obat-batuk-tradisional-terbukti-ampuh

[2] https://www.sehatmu.com/2013/09/cara-mengobati-batuk-dengan-madu.html

[3] https://mediskus.com/herbal/obat-batuk-tradisional-terbukti-ampuh

 

Ilustrasi : i.ytimg.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply