Susu Unta : Susu Padang Pasir Berkhasiat


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Sebagaimana sapi dan kambing, unta juga mampu menghasilkan susu yang dapat dikonsumsi manusia. Kabarnya, susu unta memiliki persentase kolesterol lebih rendah dibanding susu sapi yang mencapai 40%. Laktosa di dalamnya juga cukup rendah, sekedar 4,46/100 gram susu. Maka tidak heran, apabila susu unta menjadi pilihan baik bagi penderita intoleransi laktosa.

Selain kadar kolesterol dan laktosanya yang rendah, susu unta memiliki keunggulan pada kandungan vitamin, mineral, dan zat besi yang lebih banyak dari susu sapi. Nampaknya kandungan gizi yang tinggi inilah yang membuat susu unta banyak digunakan dalam upaya perbaikan gizi.

Ibnu Sina di dalam bukunya yang berjudul al-Qanun fith-Thibb (The Cannon of Medicine) berpendapat, “Susu unta merupakan obat yang berguna karena mengandung kilap dan zat khusus. Seandainya susu ini digunakan sebagai minuman dan makanan, orang yang mengonsumsinya akan selalu sehat. Ini telah dilakukan oleh umat yang menyerang negeri Arab. Mereka terpaksa meminum susu unta. Dan, mereka merasa cukup dengan hanya mengonsumsi susu unta itu.” [1]

Prof.Riufin Yigael dari Universitas Ben Gorbon, Israel, berpendapat bahwa susu unta kendungan gizinya mendekati kandungan air susu ibu. Lebih bagus apabila dibandingkan dengan air susu sapi.[2]

Dikisahkan Ali Mazroi [3], salah seorang pengusaha yang rutin meminum susu unta, “Orang Badui mampu bertahan hidup 1-2 bulan di padang pasir hanya dengan meminum susu unta.”

Untuk lebih memperjelas manfaatnya, berikut ini kami rangkumkan beberapa manfaat susu unta dari beragam sumber [4] [5].

  • Sebagai Obat Tradisional

Kabarnya, susu unta telah biasa digunakan bangsa Arab dalam mengatasi beragam permasalahan seperti cacar, luka, sakit gigi, gangguan pencernaan, dan keracunan.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Susu unta mengandung antibodi dan imunoglobulin. Salah satu sumber menjelaskan, imunoglobulin memiliki fungsi dalam melindungi tubuh dari gangguan autoimun, alergi, dan beragam ancaman infeksi (bakteri, jamur, virus). Hal demikian ini tentunya merupakan faktor penunjang baiknya sistem kekebalan tubuh.

Selain meningkatkan kualitas sistem imun, kandungan susu unta dikabarkan memiliki manfaat dalam memperkuat tulang. Karenanya, susu unta disarankan pula untuk dikonsumsi penderita kekurangan kalsium dan gangguan tulang.

  • Mengatasi Permasalahan Pernafasan, Pencernaan, Menyehatkan Kulit

Kabarnya, apabila dicampur dengan gula, susu unta dapat menyembuhkan penyakit sesak, paru-paru dan TBC. Bukan hanya itu, percampuran dengan gula ini juga dipercaya dapat mencerahkan dan memperindah warna kulit.

Apabila diminum menggunakan madu, susu unta diyakini dapat membersihkan kotoran perut yang bercampur dengan sisa makanan.

Selain dapat memperlancar sistem pencernaan, susu unta juga baik untuk menghilangkan rasa haus.

  • Menjaga Kadar Gula Darah dan Mencegah Serangan Jantung

Susu unta dikabarkan memiliki kandungan insulin dan protein mirip insulin yang memiliki efek anti-diabetes. Dalam suatu uji klinis pada penderita diabetes tipe 1 didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa konsumsi 0,5 liter susu unta mengurangi kebutuhan obat insulin sebanyak 30%.

Camel Dairy Milk Ltd di Nanyuki, Kenya, dalam kerja sama penelitian dengan Kenya Medical Research Institute (KEMRI) mengungkapkan bahwa susu unta mengurangi penyakit diabetes karena kaya insulin dan mencegah serangan jantung.

  • Membantu Perkembangan Autisme

Salah satu sumber mengabarkan, Tesis penelitian Dr. Yosef Shabo dan Dr. Reuven Yagil menjelaskan susu unta yang tidak mengandung beta-kasein dan beta-laktoglobulin, diketahui tidak merugikan penderita autisme. Sebaliknya, imunoglobulin dan protein yang terkandung di dalamnya dapat membantu perkembangan otak.

Susu unta membantu peningkatan anak-anak autis dalam hal ketrampilan berkomunikasi dan fungsi otak.

“Memang belum ada studi ilmiah, sehingga kami juga tidak berani mengklaim. Tetapi saya hanya mendengarnya dari orang-orang yang sudah mencobanya. Susu unta disebutkan memiliki manfaat antiperadangan yang baik untuk otak,” kata Walid Abdul-Wahab, perwakilan pemilik peternakan unta di California.

 

 

Referensi :

[1] http://www.kompasiana.com/omda_luthfimuhammad/rahasia-air-susu-unta_550ffde1813311ae36bc6073

[2] http://www.kompasiana.com/omda_luthfimuhammad/rahasia-air-susu-unta_550ffde1813311ae36bc6073

[3] https://keppoisme.blogspot.co.id/2016/01/autis-obati-dengan-susu-unta.html

[4] https://keppoisme.blogspot.co.id/2016/01/autis-obati-dengan-susu-unta.html

[5] https://www.amazine.co/162/apakah-manfaat-kesehatan-susu-unta/

[6] https://id.wikipedia.org/wiki/Susu_unta

 


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply