Manfaat Teripang Menurut Para Ahli


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Teripang merupakan salah satu hewan invertebrata yang hidup di laut. Bentuknya yang menyerupai timun membuatnya disebut pula sebagai timun laut. Hewan yang satu ini telah banyak dimanfaatkan dalam beragam terapi kesehatan. Kandungan gizinya yang tinggi membuatnya banyak dimanfaatkan sebagai obat beragam permasalahan kesehatan. Berikut ini pendapat beberapa ahli mengenai teripang yang kami rangkum dari beragam sumber [1] [2] [3].

Peneliti dr Andreas Widjaja SpPD sekaligus dokter spesialis penyakit alumnus Universitas Diponegoro mengungkapkan bahwa teripang mengandung senyawa imunomodulator yang berfaedah membangun sistem kekebalan tubuh. Teripang juga memiliki sifat efek anti parasit dan anti bakteri, peradangan yang mampu menyembuhkan penyakit flu menahun, sinusitis.

Prof. Dr. Hassan Yaakob, Phd dari Universitas Malaysia, dalam sebuah penelitiannya menyebutkan bahwa teripang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi rasa sakit dan gatal pada permukaan kulit, menurunkan kadar gula, menurunkan kolesterol, merontokkan racun pada hati, menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan penyakit maag, serta dapat menyembuhkan asma kronis. Selain itu teripang juga dapat digunakan untuk bahan perawatan kecantikan dan penyembuh luka bagi para ibu usai bersalin, karena kandungan protein dan kolagen teripang yang sangat tinggi.

Menurut dr Pieter A. W Pattinama RSI PGI Cikini jakarta, teripang gamat emas mengandung senyawa gammapeptida yang mampu menyembuhkan luka 3x lebih cepat di bandingkan dengan pengobatan biasanya seperti penyembuhan luka lambung yang di sebabkan oleh bakteri helicoba pylori, gammapeptida merupakan antiseptik alamiah yang berkhasiat menetralisirkan keasaman lambung dan membunuh beberapa virus dan bakteri kuman mematikan.

Menurut Prof Dr Ridzwan Hashim dari Universitas Kebangsaan Malaysia, teripang mengandung 86 persen protein, 80 persen dari jumlah tersebut adalah kolagen yang berfungsi mengikat jaringan dalam pertumbuhan tulang dan sendi. Jadi, teripang juga berfungsi mencegah pengeroposan tulang serta memperkokoh tulang dan sendi.

Menurut Prof Zaiton Hassan dan M A Kaswadi universitas kebangsaan malaysia teripang gamat emas mengandung miristat, palmitoleat, stearat, oleat, linoleat, behenat, dan docosahexanaenat ( DHA ) senyawa tersebut mampu memperbaiki sel jaringan yang rusak, meregenerasi sel, memperlancarkan peredaran darah sekaligus sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Penelitian Institut Kimia Universitas LOS Banos, Filipina, mengungkap bahwa teripang dapat menjadi agen anti-tumor dan terindikasi dapat menjadi obat Human Immunodefisiensy Virus (HIV). Teripang mengandung gula bernama lektin, senyawa lektin ini bersifat mitogenik (cepat berkembang biak) dan anti-mikroba. Saat uji laboratorium dengan menggunakan sel limfoid, lektin efektif melawan kanker otot pada tikus dan kanker paru-paru pada manusia, dengan dosis masing-masing 5 dan 50 mikrogram. Lektin terindikasi dapat melawan HIV karena sanggup menggumpalkan sel jahat.

 

 

Referensi :

[1] http://detiklife.com/tag/kandungan-nutrisi-teripang/

[2] https://sites.google.com/site/manfaatteripanguntukdiabetes/

[3] http://teripangbelitungku.blogspot.co.id/2014/03/pendapat-para-ahli-seputar-teripang.html

 


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply