Kunyit Bermanfaat Mencegah Alzheimer


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Kunyit merupakan salah satu jenis rimpang yang kerap digunakan dalam beragam olahan. Rempah yang juga salah satu pewarna kuning alami ini banyak dimanfaatkan dalam pembuatan kari, jamu, hingga nasi kuning. Selain menghasilkan cita rasa yang khas, kunyit juga menyimpan kandungan yang baik untuk kesehatan. Di antara manfaatnya, kunyit memiliki potensi dalam mencegah penurunan fungsi otak yang merupakan faktor pemicu Alzheimer.

Hasil penelitian Dr. Tze-Pin Ng dari Universitas Nasional Singapura (NUS) pada 1.010 manula berusia 60 tahun sampai 93 di tahun 2003, menunjukkan bahwa manula yang rajin mengkonsumsi bumbu kare memiliki daya ingat yang lebih tinggi dibandingkan mereka jarang atau yang tidak pernah sama sekali. [1]

Telah diketahui bersama, bumbu kari tersusun dari beberapa rimpang, termasuk di dalamnya ada pula kunyit. Manfaat yang berkaitan dengan daya ingat ini diduga di antaranya disebabkan kandungan kurkumin yang merupakan zat pewarna pada kunyit.

Dijelaskan Deherba.com, kurkumin meningkatkan kadar hormon otak BDNF (Brain-Derived Neurotrophic Factor)—sejenis hormon pertumbuhan yang berfungsi di otak. Banyak penyakit di otak dikaitkan dengan penurunan kadar hormon ini, termasuk penyakit mental depresi dan penyakit Alzheimer. Ada juga kemungkinan khasiat kunyit dalam meningkatkan daya ingat dan membuat Anda lebih cerdas.

Adapun pada laman lifestyle.analisadaily.com dikabarkan, dalam tanaman yang berwarna kuning ini, terdapat kandungan turmeron aromatik yang dapat meningkatkan jumlah sel-sel otak hingga 80 persen. Kandungan minyak dari zat ini dapat dijadikan sebagai obat yang dapat melemahkan demensia stroke.

Menurut Yayasan Alzheimer Inggris, seperti dilansir dari laman Express, penelitian berbasis laboratorium telah menunjukkan kemampuan kurkumin untuk memecah plak amiloid beta yang mengendap pada tubuh penderita alsheimer. Namun, belum ada bukti ilmiah kunyit dapat mengobati penyakit tersebut sepenuhnya. [2]

Meskipun demikian, nampaknya tidak ada salahnya mencoba memanfaatkan kunyit ini. Bukan dengan konsumsi secara langsung, tetapi dengan menambahkannya sebagai bumbu masakan. Pemanfaatan yang demikian ini dimaksudkan untuk menjaga kadar konsumsi kunyit agar tidak terlalu berlebihan. Pemanfaatan kunyit dengan dosis yang terlampau tinggi dikhawatirkan justru dapat memicu permasalahan kesehatan lain.

 

Referensi :

[1] https://cintaherbal.wordpress.com/2009/04/16/kunyit-herbal-penguat-daya-ingat-anti-alzheimer/

[2] https://www.msn.com/id-id/kesehatan/nutrisi/benarkah-kunyit-bisa-mengobati-alzheimer/ar-AApgWcc?li=AAfukE3

Ilustrasi : i0.wp.com/bagaimana-cara.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply