Kubis Bermanfaat Mengatasi Tukak Lambung


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Kubis, atau disebut juga kol, selama ini dianggap sebagai salah satu makanan penghasil gas di perut. Dengan demikian, kubis dianggap sebagai pantangan dalam menghindari permasalahan perut kembung. Kubis juga dianggap sebagai salah satu bahan alami yang perlu dihindari oleh penderita gangguan lambung. Benarkah demikian?

Berbeda dari informasi yang seakan mashyur tersebut, beberapa penelitian justru mengungkap kubis sebagai salah satu bahan untuk mengatasi permasalahan lambung.

Michael T. Murray, seorang dokter ahli Naturapati dari negeri Paman Sam menganjurkan agar penderita tukak lambung mengkonsumsi dua cangkir jus kol sehari. Dari penelitian yang dilakukannya, kol atau kubis mengandung glutamin, salah satu jenis asam amino yang dapat meningkatkan aliran darah ke perut, memberikan nutrisi bagi sel lambung dan usus halus, membantu melindungi perut, dan mengobati luka pada saluran pencernaan. [1]

Prof Dr Garnett Cheney, dari Fakultas  Kedokteran di Universitas Stanford,  dikutip darioawhealth.com, pada tahun 1950 melakukan penelitian bahwa minum satu liter jus kubis segar setiap hari akan menyembuhkan tukak lambung lebih cepat daripada pengobatan standar. Senyawa antiulkus itu diidentifikasi sebagai asam amino glutamin yang menumbuhkan dan meregenerasi dinding saluran cerna. [2]

Dari hasil penelitian tersebut, nampaknya kubis justru memiliki manfaat baik untuk mengatasi permasalahan lambung. Mengapa demikian? Bagaimana dengan anggapan bahwa kubis justru memicu pembentukan gas pada lambung?

Pembentukan gas pada lambung memang dapat dipicu oleh sayuran kubis. Namun, pembentukan gas ini dapat timbul akibat konsumsi kubis matang. Sedangkan, dalam terapi penyembuhan permasalahan lambung, yang dimanfaatkan adalah kubis mentah. Hal ini sejalan dengan penuturan Heni Suhaeni Kamil, seorang pemandu Food Combining.

Dikutip dari laman health.liputan6.com [3], beliau menekankan, sebaiknya sayuran kol tidak dikonsumsi dalam keadaan matang atau empuk, karena dapat mengeluarkan gas di dalam sayuran sehingga menimbulkan rasa kembung di lambung.

Bukan hanya itu, sang pemandu food combining tersebut juga sepakat apabila kubis bermanfaat dalam mengatasi permasalahan lambung.

“Kol cukup tinggi kandungan seratnya dan vitamin C. Bila dikonsumsi dalam keadaan mentah dapat mencegah kanker dan penyembuhan luka lambung (maag),” demikian ungkapnya.

 

Referensi :

[1] http://sr28jambinews.com/?/baca/9404/Kol-Ternyata-Bermanfaat-Atasi-sakit-Maag.html

[2] http://www.satuharapan.com/read-detail/read/kubis-berpotensi-menyembuhkan-tukak-lambung

[3] http://health.liputan6.com/read/305483/obati-maag-dengan-sayur-kol

Ilustrasi : specialtyproduce.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply