Fungsi Usus Buntu (Umbai Cacing)


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Sebagaimana bagian tubuh yang lain, usus buntu juga mungkin mengalami peradangan akibat beberapa faktor penyebab. Ketika sudah mengalami peradangan, biasanya usus buntu perlu segera dipotong. Hal tersebut dilakukan guna mencegah meluasnya peradangan apabila usus buntu (umbai cacing) tersebut pecah akibat radang.

Meskipun dapat dihilangkan (dipotong), hal ini bukan berarti usus buntu tidak bermanfaat sama sekali. Usus buntu ini ternyata memiliki fungsi untuk tubuh. Dijelaskan Mediskus.com, berikut ini fungsi usus buntu untuk tubuh.

1. Berperan Dalam Sistem Kekebalan Tubuh

Penelitian dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan bahwa usus buntu memiliki sel limfoid yang membantu tubuh melawan infeksi. Penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi usus buntu cukup diperhitungkan dalam sistem kekebalan tubuh.

Dalam hal ini usus buntu bisa menjadi pertahanan awal dalam membantu proses melawan bakteri dan zat penyebab penyakit lainnya terutama pada saluran pencernaan. Bahkan dipercaya terlibat dalam proses penurunan Limfosit-T dan limfosit-B dalam sistem imun.

2. Berperan Dalam Sistem Pencernaan

Fungsi usus buntu lain yang baru diketahui adalah pengaruhnya dalam sistem pencernaan. Menurut peneliti dari Duke University Medical Center, usus buntu memiliki fungsi kunci untuk memproduksi dan menyimpan mikroba yang baik bagi usus manusia.

Tim peneliti, yang terdiri dari ahli imunologi, mengatakan bahwa sistem pencernaan kita kaya akan bakteri yang tidak hanya berbahaya namun juga ada yang bermanfaat bagi tubuh dalam sistem pencernaan. Bakteri baik ini sering ikut terbuang dari tubuh saat seseorang menderita penyakit seperti disentri atau kolera, sehingga ini dapat mengganggu sistem pencernaan. Oleh karena itu, usus buntu berfungsi menangkap bakteri baik dan ‘me- reboot’ sistem pencernaan kita. Penelitian ini telah dipublikasikan secara online dalam Journal of Theoretical Biology .

Menurut Dr. Bill Parker, yang merupakan bagian dari tim peneliti mengenai kegunaan usus buntu, “Fakta bahwa usus buntu terletak di bagian bawah usus besar, dimana makanan dan bakteri pasti melaluinya, menujukkan bahwa ada fungsi usus buntu untuk sistem pencernaan”.

 


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

 

Comments

You may also like...

Leave a Reply