Manfaat Buah Bit


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Buah bit (beetroot) merupakan salah satu jenis umbi yang dapat dimanfaatkan secara langsung (tanpa dimasak). Selain warnanya yang menawan, buah bit juga menyimpan beragam manfaat baik untuk kesehatan. Berikut ini manfaat buah bit sebagaimana dijelaskan khasiat.co.id.

1. Mengatasi Masalah Kulit

Buah ini dipercaya bisa mengatasi dan mencegah kulit berjerawat jika dikonsumsi secara teratur. Karena buah ini kaya antioksidan yang bisa membantu menghilangkan noda di kulit dan membuat kulit lebih sehat alami.

2. Mencegah Kanker

Karena buah bit memiliki kandungan antioksidan tinggi, jadi bisa dijadikan sebagai bahan utama pencegah kanker. Seperti yang kita ketahui jika antioksidan adalah komponen penting untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Karena kebanyakan jenis kanker disebabkan oleh radikal bebas yang menyerang tubuh. Riset menunjukkan jika di jus mengandung betacyanin yang bisa membantu mencegah pembentukan kanker dan tumor.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Buah bit memiliki warna merah menyala yang menandakan mengandung betakaroten yang tinggi. Nutrisi inilah yang menjadi nutrisi utama untuk mata. Hasil riset menunjukkan, jika kandungan dua senyawa penting yakni zeaxanthin dan lutein sangat bermanfaat bagi kesehatan retina mata. Selain itu untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal Anda dapat menambahkan buah naga atau wortel.

4. Mengatasi Anemia

Buah bit bisa menambah sel darah merah. Mempunyai kandungan zat besi yang sangat tinggi. Seperti yang kita ketahui jika zat besi adalah mineral penting untuk pembentukan sel darah merah.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Mempunyai sistem imun yang kuat adalah hal penting untuk melawan serangan virus dan penyakit. Kabar baik lainnya adalah buah bit mengandung tinggi aneka vitamin serta nutrisi lainnya yang sudah terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa membantu melawan infeksi.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Buah bit memiliki efek positif pada otak dengan cara membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini bisa mengurangi risiko penurunan fungsi otak yang disebabkan oleh penurunan usia seperti penyakit Alzheimer.

7. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan nutrisi pada buah bit bisa membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Bagi penderita hipertensi bisa memanfaatkan buah ini karena memiliki kandungan nitrat yang tinggi.

8. Menurunkan Berat Badan

Buah bit memiliki kandungan lemak yang sangat rendah dan tinggi serat. Gula yang terkandung di dalamnya termasuk dalam karbohidrat kompleks. Nutrisi ini sangat tepat untuk dijadikan menu diet sehari-hari. Anda bisa menggunakannya sebagai camilan ataupun dibuat jus segar.

9. Memperlambat Proses Penuaan

Penuaan merupakan proses alami yang tidak bisa dihindari, tetapi bisa diperlambat. Namun di berbagai masalah, seseorang bisa mengalami penuaan lebih cepat dari proses yang seharusnya. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah merah ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan akumulasi racun yang menjadi penyebab penuaan.

10. Mengontrol Gula Darah

Buah bit bisa menstabilkan kadar glukosa di dalam darah. Sehingga bagi penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin, paling tidak seminggu tiga kali untuk mengontrol gula darah. Karena pasien diabetes diwajibkan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi serat larut.

11. Detoksifikasi Darah

Buah satu ini adalah bahan makanan yang bisa membersihkan darah, karena mengandung sejumlah serat dan vitamin. Jika jus buah bit dikonsumsi secara teratur bisa mengobati jerawat yang diakibatkan oleh darah kotor. Selain itu darah kotor juga menjadi penyebab datangnya penyakit berbahaya lainnya.

12. Mencegah Cacat Pada Bayi

Manfaat yang cukup penting adalah bisa membantu menambah nutrisi bagi ibu hamil. Karena buah bit mengandung asam folat yang merupakan komponen penting dalam perkembangan  janin, terutama untuk membentuk sumsum tulang belakang. Jika ibu hamil sampai kekurangan asam folat, maka ibu hamil bisa memperbesar risiko cacat tabung saraf yang termasuk kondisi abnormal bayi pada saat bayi berada di dalam kandungan.

 

Ilustrasi : homenaturalcures.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply