Bawang Merah Bermanfaat Menurunkan Gula Darah


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Bawang merah merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan dalam masakan. Rasa dan aromanya cukup khas dalam menambah cita rasa. Dibalik rasanya yang demikian, bawang merah juga menyimpan manfaat baik untuk tubuh. Selain dapat digunakan sebagai obat batuk alami, bawang merah juga memiliki manfaat dalam mengatasi permasalahan diabetes. Dikutip dari griyabugar.com,

Salah satu penelitian telah dilakukan di India di mana para peneliti melakukan penelitian terhadap bawang merah yang di jus atau pun bawang merah yang masih utuh dengan berat 25 gram sampai dengan 200 gram di setiap objek penelitiannya.

Hasilnya cukup menggembirakan, yaitu semakin banyak bawang merah yang diberikan maka semakin besar pula angka gula darah yang ikut berkurang. Dan juga dibuktikan bahwa tidak ada perbedaan khasiat antara bawang merah yang sudah direbus dengan bawang merah yang masih mentah.

Para peneliti menjelaskan bahwa bawang merah ini mempunyai khasiat untuk mempengaruhi metabolisme gula yang ada di hati, dengan kata lain metabolisme untuk pelepasan insulin. Sejatinya peneletian sejenis pernah juga dilakukan pada tahun 1923 di mana para peneliti telah mendeteksi akan keberadaan depressor (zat penurun) gula darah di dalam bawang merah ini.

Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 1960 menyebutkan bahwa senyawa anti-diabetes yang telah terisolasi yang disebut dengan istilah tolbutamide yang ada di dalam bawang merah memiliki fungsi yang hampir sama dengan obat medis anti-diabetes pada umumnya.

Cara kerja dan fungsi dari tolbutamide adalah membantu pengeluaran insulin dan sekaligus memberikan rangsangan sintetis. Penelitian yang dilakukan pada hewan kelinci ini 77% ekstrak bawang putih sama efektifnya dengan standar dosis daritolbutamide.

Di dalam penelitian yang lain menyebutkan bahwa bawang merah sangat efektif untuk menurunkan gula darah serta lemak darah. Oleh sebab itu para ahli kesehatan menyarankan untuk memperbanyak jumlah bawang merah pada masakan mengingat begitu besarnya manfaat bawang merah, yang paling utama untuk penderita diabetes.

 

Ilustrasi : buenasalud.net


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply