Manfaat Pisang untuk Kesehatan Ginjal


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Pisang, buah ini lazimnya memiliki kulit berwarna kuning setelah matang, dan hijau ketika belum masak. Sebelum masak (masih muda, mentah), buah pisang cenderung memiliki daging yang keras dan sepat. Seiring menuanya buah, daging yang pada awalnya keras pun menjadi semakin lunak. Rasanya yang sepat juga kian menghilang dan tergantikan manisnya buah matang. Selain memiliki rasa yang lezat, buah pisang juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan di dalamnya bahkan dikabarkan baik untuk memelihara kesehatan ginjal.

Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Cancer telah menunjukkan bahwa konsumsi harian buah dan sayuran utuh, terutama pisang, sangat protektif terhadap kesehatan ginjal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, selama jangka waktu yang panjang (13,4 tahun), perempuan makan lebih dari 2,5 porsi buah dan sayuran per hari mengurangi risiko kanker ginjal sebesar 40%. [1]

Untuk lebih detailnya mengenai manfaat buah pisang untuk ginjal, berikut ini beberapa ulasan manfaat tersebut yang dikabarkan dalam sumber lain [2].

  • Mencegah terbentuknya batu ginjal

Kandungan potasium yang ada pada pisang juga memiliki manfaat bagi kesehatan ginjal. Jika tubuh kita mendapatkan asupan potasium yang cukup, maka tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin dengan baik. Hal ini tentunya akan membuat ginjal berfungsi secara optimal serta dapat mencegah terbentuknya batu ginjal, sehingga ginjal jauh lebih sehat.

  • Efektif mengobati disfungsi ginjal

Memiliki protein rendah dan garam ditambah kandungan karbohidrat yang tinggi, pisang efektif dalam menangani gangguan kesehatan ginjal. Buah pisang bermanfaat dalam uremia, kondisi racun dari darah, kemacetan ginjal dan disfungsi. Dalam kasus tersebut, diet pisang hanya harus diambil selama 3 sampai 4 hari dengan mengkonsumsi 8 sampai 9 pisang sehari. Diet ini cocok untuk semua masalah ginjal, termasuk nephritis.

  • Mengobati gangguan saluran kemih

Manfaat buah pisang nomer tiga adalah mengobati saluran kemih. Juice dari batang pisang dikenal sebagai obat untuk gangguan kemih. Hal ini meningkatkan fungsi ginjal dan hati, sehingga mengurangi kondisi ketidaknyamanan dan rasa sakit di dalamnya. Telah dibuktikan bahwa buah pisang sangat bermanfaat dalam membantu untuk menghilangkan batu di ginjal dan prostat.

  • Meningkatkan fungsi ginjal

Kandungan senyawa fenolik antioksidan dalam buah pisang cukup tinggi. Senyawa ini membantu menjaga kesehatan ginjal. Dalam sebuah penelitian bahwa konsumsi harian dan buah terutama buah pisang, sangat protektif terhadap peningkatan kesehatan ginjal.

Perempuan makan 2,5 porsi buah dan sayuran perhari mengurangi resiko kanker ginjal.

 

Referensi :

[1] http://www.sarjanaku.com/2011/07/manfaat-buah-pisang.html

[2] http://manfaatbuah-daun.blogspot.com/2014/09/4-manfaat-buah-pisang-untuk-kesehatan.html

Ilustrasi : images6.fanpop.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply