Manfaat Oralit dalam Mengatasi Diare


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Oralit. Selama ini kita mengenal oralit sebagai obat diare. Ketika diare, biasanya oralit menjadi ramuan pengobatan pertama. Oralit banyak tersedia dalam kemasan bubuk siap pakai. Meskipun demikian, oralit ini juga dapat diramu sendiri menggunakan bahan dapur yang terbilang sederhana.

Cukup dengan mengkombinasikan 2 sendok teh gula, 1/2 sendok teh garam dapur halus, dan segelas air, jadilah oralit atau disebut pula Larutan Garam Gula (LGG).

Atau dapat pula mencampurkan sekaligus 8 sendok teh gula. 1/2 sendok teh garam dapur halus, ke dalam 1 liter air matang (+-5 gelas belimbing). Jadilah oralit yang dapat dikonsumsi untuk waktu 24 jam.

Demikianlah kurang lebihnya ramuan pertolongan pertama yang biasa dimanfaatkan dalam mengatasi diare. Namun, benarkah oralit ini merupakan obat diare?

Benar, apabila oralit bermanfaat dalam mengatasi diare. Namun, fungsi cairan ini sebenarnya bukanlah untuk mengobati diare. Fungsi oralit sejatinya adalah mengembalikan cairan tubuh yang hilang, mengatasi dehidrasi.

Mengapa digunakan pula dalam mengatasi diare? Pada saat diare, tubuh akan lebih banyak mengeluarkan cairan. Pengeluaran cairan yang berlebihan ini akan membuat tubuh kehilangan banyak cairan, sehingga memicu terjadinya dehidrasi apabila terjadi secara berkelanjutan.

Cairan oralit ini berfungsi dalam mengembalikan cairan tubuh. Dengan demikian, kemungkinan terjadinya dehidrasi dapat dicegah. Karenanya, cairan oralit bukan hanya dapat diaplikasikan pada penyembuhan diare. Cairan oralit dapat pula dimanfaatkan dalam rangka mengatasi dehidrasi.

 

 

Referensi :

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Oralit
  • https://mediskus.com/obat/cara-membuat-oralit-sendiri-menggunakan

Ilustrasi : ruugcadaa.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply