Manfaat Daun Jambu Biji untuk Mengatasi Diare


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Selain jambu air, jambu biji merupakan salah satu tanaman yang juga dapat dimanfaatkan daunnya. Daun jambu biji bermanfaat dalam mengatasi beragam permasalahan kesehatan. Salah satunya adalah diare. Selain menggunakan oralit, daun jambu biji merupakan bahan yang juga kerap dimanfaatkan dalam mengatasi permasalahan diare. Hal ini merupakan suatu hal yang sudah teramat mashyur. Namun, pemanfaatan daun jambu biji ini nampaknya bukanlah sekedar kebiasaan yang belum diketahui manfaatnya. Manfaat yang demikian ini ternyata telah diakui dalam suatu penelitian.

Sebuah karya ilmiah berjudul Revista Do Instituto de Medicina Tropical de Sao Paulo –diterbitkan pada tahun 2008– yang salah satunya meneliti tentang manfaat daun jambu biji dan ditemukan bahwa daun jambu biji dapat membunuh bakteri penyebab diare. [wikimanfaat.com]

Hasil penelitian tersebut seakan semakin meyakinkan khasiat dari daun jambu biji. Maka, tidak ada salahnya memanfaatkan daun yang satu ini sebagai obat ketika diare menyapa.

Ilustrasi : sehatmu.com

Setelah yakin akan pemanfaatannya, maka bagaimana pemanfaatan daun jambu biji ini seharusnya? Pemanfaatan daun jambu biji ini dapat dilakukan melalui 3 cara.

  • Mengkonsumsi daun jambu biji muda secara langsung

Anda dapat mengkonsumsi daun secara langsung, tentunya setelah daun dibersihkan terlebih dahulu. Sepertinya cara ini amatlah praktis.

  • Meminum air rebusan daun

Apabila kesulitan dengan konsumsi langsung, anda dapat juga mengambil manfaat daun jambu biji ini dengan cara meminum air rebusan daun.

  • Meminum sari daun

Selain konsumsi langsung dan meminum rebusan daun, anda dapat pula memanfaatkan khasiat daun jambu biji dengan mengkonsumsi sari daunnya. Caranya, haluskan  beberapa lembar daun, kemudian beri air sedikit. Ambil perasan air darinya. Air hasil perasan tersebut yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai obat diare.

 

 


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply