Kunyit Bermanfaat Mengatasi Sakit Lambung


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Selain jahe, kunyit merupakan salah satu rimpang yang juga banyak dimanfaatkan. Kandungan zat pewarna di dalamnya, yakni kurkumin, membuat kunyit kerap dimanfaatkan sebagai pewarna alami makanan. Selain bermanfaat sebagai pewarna, kunyit juga memiliki manfaat baik untuk tubuh. Di antara manfaatnya, kunyit bermanfaat sebagai herbal untuk wasir, mencegah alzheimer, dan mengatasi permasalahan lambung.

Kali ini, kita akan sedikit membahas tentang manfaat kunyit dalam mengatasi permasalahan lambung. Kunyit, selama ini dikabarkan baik dalam mengatasi permasalahan lambung. Mulai dari maag, hingga tukak lambung. Hal yang demikian ini nampaknya sudah cukup mashyur. Kabar baiknya, beberapa penelitian telah menemukan kaitan yang baik antara permasalahan lambung dan konsumsi kunyit. Berikut ini beberapa hasil penelitian tentang kunyit yang kami kutip dari beragam sumber.

Pusat Penelitian Obat Tradisional (PPOT) UGM mengadakan pengujian manfaat ekstrak kunyit dalam pengobatan nyeri lambung (peptic-ulcer), secara uji preklinis dan klinis cenderung memberikan hasil positif.
Uji preklinis dilakukan dengan menggunakan hewan percobaan berupa tikus. Digunakan 30 ekor tikus jenis ratus-ratus dan dibagi menjadi tiga kelompok. Seluruh tikus tidak diberi makan selama 48 jam, kemudian diberi suspensi asam salisilat secara oral, dengan dosis 150 mg/kg berat badan, kemudian dibiarkan tanpa makan dan minum selama 5 jam.
Kelompok pertama diberi amilum 2.500 mg (dalam 4 ml akuades), kelompok kedua diberi ekstrak kunyit 63 mg (dalam 4 ml akuades), dan kelompok ketiga diberi suspensi alumunium hidroksida (komponen obat nyeri lambung) 1,6 mg (dalam 4 ml akuades). Pemberian dilakukan secara oral setiap 8 jam selama 48 jam tanpa makanan lain. Setelah 48 jam dilakukan pemeriksaan lambung, hasilnya menunjukkan tikus-tikus yang diberi ekstrak kunyit memiliki jumlah ulkus yang paling sedikit. Ulkus ialah erosi membran selaput lendir karena terpotongnya jaringan sebagai efek dari pemberian asam salisilat. Dengan kata lain, ekstrak kunyit memiliki daya kerja yang lebih baik dibanding alumunium hidroksida dalam mengobati nyeri lambung, khususnya pada hewan percobaan.
Uji klinis dilakukan terhadap 20 pasien penderita nyeri lambung. Ekstrak kunyit dalam kemasan kapsul 0,8 gr/kapsul diberikan dengan dosis minum tiga kali sehari dua kapsul, selama seminggu. Hasil pengamatan menunjukkan ekstrak kunyit mampu mengobati nyeri lambung pada pasien. Ekstrak kunyit tidak menimbulkan efek samping, baik terhadap tekanan darah, frekuensi nadi, frekuensi respirasi, dan berat badan. [1]

Hasil penelitian Dhanu Ari Atmaja seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran dari Universitas Diponegoro pada tahun 2008 bahwa ekstrak kunyit berpengaruh dalam melindungi mukosa lambung mencit BALB/c yang mengalami iritasi akibat parasetamol terutama pada dosis 12 mg/hari. [2]

Beberapa penelitian di atas menunjukkan adanya pengaruh kunyit dalam mengatasi permasalahan lambung. Meskipun dalam penelitian disebutkan tidak adanya efek samping, hal yang demikian ini tidak seharusnya membuat kita berlebih-lebihan dalam mengkonsumsi kunyit. Tetaplah konsumsi kunyit secara wajar. Bila perlu, anda dapat pula berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu mengenai dosis aman konsumsi kunyit. Hal ini untuk mencegah dampak dan efek samping yang mungkin timbul akibat konsumsi kunyit yang tidak sesuai dosis.

 

 

 

Referensi :

[1] https://www.kompasiana.com/atep_afia/nyeri-lambung-ambil-kunyit-ajahh_550030bf8133116619fa7369

[2] http://indro-pct.blogspot.co.id/2013/02/kunyit-mengobati-sakit-lambung-maag.html

Ilustrasi : bagaimana-cara.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply