Bahan Alam Pereda Sakit Kepala


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Sakit kepala? Meskipun terdengar sederhana, gangguan ini benar-benar dapat mengganggu kualitas aktivitas harian. Sakit kepala dapat terjadi karena beragam faktor seperti kelelahan, stress, atau sebagainya. Untuk meredakan sakit kepala, pertama-tama kita perlu menemukan faktor penyebab sakit. Dengan menemukan faktor penyebab sakit, maka sakit kepala dapat lebih mudah diselesaikan.

Untuk meredakan sakit kepala, anda dapat pula mencoba beragam bahan alam pereda sakit kepala. Berikut ini beberapa bahan alam yang bermanfaat dalam mengatasi sakit kepala, sebagaimana dikabarkan dedaunan.com.

1. Kacang hijau

Kacang hijau merupakan jenis tanaman kacang-kacangan yang biasanya dimanfaatkan untuk membuat minuman, bubur, atau bahan membuat kue dan camilan. Kacang hijau ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal sakit kepala. Kacang hijau termasuk dalam makanan yang banyak mengandung vitamin B kompleks, vitamin E, protein, dan berbagai mineral penting. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu rebus kacang hijau bersama air seperti pada waktu membuat minuman sari kacang hijau. Ambil air rebusan kacang hijau dan tempatkan pada suatu wadah/gelas. Minumlah air rebusan kacang hijau tersebut secara teratur, maka sakit kepala yang Anda derita akan segera sembuh.

2. Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk dapat digunakan sebagai obat herbal sakit kepala. Selain dapat meredakan sakit kepala, konsumsi jahe juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Caranya yaitu siapkan satu rimpang jahe, cuci sampai bersih, lalu direbus dalam 2 gelas air sampai mendidih. Setelah itu saring untuk diambil airnya. Tambahkan sedikit gula atau madu secukupnya sebagai pemanis. Minumlah ramuan jahe ini selagi hangat untuk menyembuhkan sakit kepala sekaligus untuk menghangatkan badan dan meningkatkan stamina.

3. Kunyit

Kunyit juga merupakan jenis tanaman herbal yang masih satu keluarga dengan jahe. Tanaman ini sering digunakan sebagai bumbu dapur dan juga bahan dasar pembuat jamu-jamuan tradisional. Kunyit mempunyai beragam khasiat, salah satu di antaranya yaitu untuk mengobati sakit kepala. Caranya yaitu siapkan kunyit secukupnya, dicuci sampai bersih, lalu dihaluskan dengan cara diparut atau diblender. Masukkan kunyit yang telah dihaluskan tadi pada wadah berisi dua gelas air, rebus sampai mendidih. Lalu saring untuk diambil airnya, tambahkan madu secukupnya, dan minum secara teratur.

4. Daun mint

Obat herbal sakit kepala yang berikutnya yaitu daun mint. Rasa dan aroma yang menyegarkan dari daun mint memberikan efek relaksasi dan ampuh untuk meredakan sakit kepala. Cara membuat ramuannya cukup mudah. Siapkan daun mint secukupnya lalu direbus bersama air sampai mendidih. Ambil air rebusan daun mint tersebut untuk diminum secara teratur maka sakit kepala yang Anda derita akan segera sembuh.

5. Daun dewa

Daun dewa merupakan salah satu jenis tanaman obat yang dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala. Daun dewa mengandung senyawa penting antara lain saponin, flavanoid, minyak atsiri, dan tanin. Selain dapat menyembuhkan sakit kepala, daun dewa juga mempunyai berbagai macam khasiat antara lain untuk membersihkan racun, menghentikan perdarahan, menurunkan panas, meredakan pembengkakan, mengatasi kejang, muntah darah, dan mengobati tumor. Cara membuat ramuan daun dewa untuk mengatasi sakit kepala yaitu siapkan beberapa lembar daun dewa secukupnya, dicuci sampai bersih, lalu direbus bersama air sampai mendidih. Setelah itu disaring untuk diambil airnya, dan konsumsi secara teratur.

6. Kentang

Kentang ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala. Kandungan vitamin B, kalium, dan berbagai mineral penting lainnya cukup efektif untuk menghilangkan sakit kepala. Caranya sangat mudah, yaitu Anda hanya perlu merebus kentang, tunggu sampai agak dingin, kupas kulitnya, lalu dimakan.

7. Kulit manggis

Kulit manggis sangat kaya akan zat antioksidan dan merupakan salah satu obat herbal sakit kepala yang ampuh. Cara membuat ramuan kulit manggis untuk menyembuhkan sakit kepala yaitu siapkan kulit manggis secukupnya, dicuci sampai bersih, lalu rebus bersama air sampai mendidih. Setelah itu disaring, dan minum air rebusan kulit manggis tersebut secara teratur untuk mengobati sakit kepala.

8. Daun jeruk nipis

Anda juga dapat meredakan sakit kepala dengan daun jeruk nipis. Daun jeruk nipis dapat Anda gunakan sebagai obat herbal oles sekaligus untuk aroma terapi. Caranya yaitu petik daun jeruk nipis secukupnya, dibersihkan, lalu ditumbuk sampai halus, dan campurkan sedikit air. Setelah itu oleskan ramuan daun jeruk nipis tersebut pada berbagai bagian tubuh seperti di kening, tengkuk, dan bahu.

 


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply