Apakah minyak zaitun bisa digunakan untuk menggoreng?


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Apakah minyak zaitun bisa digunakan untuk menggoreng?

Minyak Zaitun untuk Menggoreng?

Minyak zaitun memiliki kandungan nutrisi yang tinggi teruama kandungan omega-9 nya, oleh karena itu banyak yang memilih untuk menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng makanannya untuk mengganti kebiasaannya menggunakan minyak goreng dengan minyak zaitun. Tapi sayangnya tidak semua makanan bisa dimasak menggunakan minyak zaitun, terutama minyak zaitun kualitas EVOO (EXTRA VIRGIN OLIVE OIL).

Bahkan kesalahan penggunaan minyak zaitun untuk goreng makanan akan membuat nutrisi minyak zaitun menjadi sirna.

“Saat minyak terlalu panas, tandanya api naik, mulai berasap, saat inilah minyak pecah. Jika minyak zaitun dipakai memasak dengan cara ini, nutrisinya akan hilang. Karena itu, minyak zaitun cocok untuk menumis, bukan untuk menggoreng ayam misalnya. Selain mahal karena akan memakai minyak dalam jumlah banyak, nutrisi minyak zaitun akan menghilang jika dipakai menggoreng dengan suhu terlalu panas,” ungkap Chef Gourmet Kemang, Chef Akbar saat berbuka puasa bersama di Gourmet Kemang, Jakarta, Selasa (16/7/2013).

Menurutnya, minyak zaitun untuk goreng makanan tidaklah tepat, akan tetapi lebih tepat jika digunakan untuk memasak aneka tumisan karena waktu untuk menumis tak lama sehingga kandungan zaitun tidak rusak. Sebaliknya, jika memasak terlalu lama dengan minyak zaitun, maka kandungan nutrisi minyak rusak dan zaitun akan kehilangan nutrisinya karena terlalu panas.

Chef Akbar mengatakan, minyak zaitun kurang tepat jika digunakan untuk makanan tradisional Indonesia. Seperti nasi goreng Jawa, ayam goreng, rendang, ayam kecap misalnya.

“Bisa saja dipakai untuk ayam goreng, tapi bukan untuk menggorengnya,melainkan untuk menyiram ayam goreng yang sudah matang. Minyak zaitun aman dikonsumsi dalam kondisi mentah, justru nutrisinya lebih terserap,” tutupnya.

Pada artikel sahabatnestle dijelaskan, bahwa untuk menggoreng dengan minyak zaitun, pastikan jenis extra-virgin (perasan pertama) tidak digunakan untuk memasak; melainkan hanya untuk saus salad dan tambahan di dalam hidangan. Memanaskan minyak zaitun akan menghilangkan aroma dan rasa aslinya, gunakanlah jenis yang lebih rendah dari EVOO untuk menggoreng.

Di bawah kualitas extra virgin olive oil ada kualitas virgin olive oil, dan yang lebih rendah lagi disebut olive oil, terkadang diberi tambahan ‘pure’ atau murni. Dihasilkan dari proses pemerasan, ditambah pengencer atau bahan lain, lalu difilter dan dicampur dengan jenis virgin oil.

Dapat dipanaskan untuk kebutuhan menggoreng selain menumis karena mampu bertahan dalam panas yang tinggi.

Referensi:

http://lifestyle.kompas.com/read/2013/07/17/1239153/Cara.Tepat.Memasak.dengan.Minyak.Zaitun
https://www.sahabatnestle.co.id/content/view/penggunaan-minyak-zaitun-dalam-hidangan.html

Gambar: pixabay

Comments

You may also like...

Leave a Reply