Membersihkan Sel Kulit Mati dengan Minyak Zaitun


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Selain bermanfaat untuk mengatasi asam urat, minyak zaitun dapat digunakan pula dalam perawatan kulit. Dengan metode perawatan menggunakan minyak zaitun, anda akan lebih banyak menghemat waktu dan energi.

Minyak zaitun ini nampaknya amat bersahabat dengan kesehatan kulit. Bagaimana tidak? Hanya dengan satu jenis minyak ini, anda dapat melakukan beragam perawatan kulit, mulai dari membersihkan hingga melembabkan kulit.

Namun, kali ini bahasannya akan singkat saja mengenai manfaat minyak zaitun sebagai pembersih, atau lebih khususnya manfaat minyak zaitun dalam mengangkat sel kulit mati.

Tidak dipungkiri, kulit mati merupakan salah satu faktor yang amat besar pengaruhnya terhadap kesehatan dan pesona kulit. Dengan timbunan kulit mati ini, wajah akan tampak lebih kusam, pori-pori mengalami penyumbatan yang dapat memicu beragam permasalahan kulit lain. Karenanya, membersihkan kulit ini merupakan hal peting bagi anda yang mengharapkan kulit sehat.

Untuk melakukan pembersihan kulit, anda dapat berhemat dengan memanfaatkan minyak zaitun. Caranya sangat sederhana dan mudah. Simak berikut ini :

  • Siapkan bahan dan alat :
    • minyak zaitun extra virgin
    • gula/garam (Pilih salah satu. Kabarnya gula lebih baik.) dihaluskan sedikit agar tidak terlalu kasar
    • madu (Pilihan)
    • air hangat (Bukan yang panas. Air panas akan dapat membuat kulit kering.)
    • air dingin (normal)
    • handuk lembut
  • Setelah bahan disiapkan, anda dapat memulai perawatan.
  • Pertama, basuhlah kulit menggunakan handuk yang telah dicelup air hangat (handuk diperas dulu yaa, karena ini sekadar untuk melembabkan kulit).
  • Setelah itu, oleskan minyak zaitun pada permukaan kulit secara merata.
  • Ambil garam atau gula, oleskan pada kulit yang telah dibalur minyak secara perlahan. (Agar lebih mudah, anda dapat terlebih dahulu mencampur minyak zaitun, gula/garam dan madu, baru kemudian mengoleskannya pada kulit).
  • Lakukan pemijatan (scrub)secara perlahan, tidak perlu terburu-buru. Ini dilakukan agar garam/gula tidak mengiritasi kulit, dan hasil dapat lebih maksimal. (Berhati-hatilah pada bagian sensitif, dan sekitar mata. Agar aman, hindari pula bagian luka.)
  • Setelah selesai melakukan pemijatan, tempelkan handuk yang telah dicelup air hangat (diperas sedikit, tidak terlalu basah) pada kulit yang telah dipijat (scrub). Tunggu hingga handuk menjadi dingin, kemudian gunakan handuk tersebut untuk menyapu minyak pada kulit. Atau untuk lebih mempersingkat waktu, anda dapat langsung membasuh kulit menggunakan air hangat saja, tanpa menggunakan handuk terlebih dahulu.
  • Setelah membasuh dengan air hangat, basuh kulit menggunakan air dingin biasa.

Perawatan yang demikian ini, kabarnya bermanfaat dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan terangkatnya sel mati tersebut, kulit akan lebih bersih, dan kesehatan kulit pun lebih terjaga.

Salah satu sumber menjelasan, metode scrubbing menggunakan minyak zaitun dan gula/garam ini mungkin dapat membuat kulit sedikit memerah. Namun dampak tersebut hanya terjadi untuk sementara waktu. Setelahnya, kulit akan membaik. Karena kemungkinan dampak ini, metode scrubbing yang demikian tidak disarankan untuk kulit yang berwarna terlalu putih.

Namun, menurut saya, dampak kulit memerah tersebut kemungkinan dapat disebabkan akibat adanya partikel kasar pada media scrub, yakni gula/garam. Kedua partikel itu lah yang mungkin memicu adanya iritasi. Karenanya, pemijatan (scrub) disarankan dilakukan secara perlahan.

Kalau mau, anda dapat mencoba scrubbing di atas sekadar menggunakan minyak zaitun atau madu (tanpa gula/garam). Minyak zaitun/madu pun sudah amat bermanfaat dalam menutrisi kulit. Adapun gula/garam hanyalah sebagai media yang mempermudah pembersihan sel kulit mati.

Agar maksimal, anda dapat melakukan metode scrubbing di atas 1-2 kali dalam sepekan. Sederhana bukan?

 

Referensi :

  • https://manfaat.co/khasiat-minyak-zaitun.html
  • https://qonitah.com/zaitun-sebagai-cleanser-scrub-dan-moisturizer/
  • https://id.wikihow.com/Mengangkat-Lapisan-Kulit-Mati-dengan-Minyak-Zaitun-dan-Gula

Ilustrasi : http://www.puuuvsoap.com/content/images/thumbs/0000296_olive-oil-.jpeg


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply