Mengatasi Sengatan Serangga dengan Cuka Apel


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Walau bertubuh kecil, kenyataannya serangga tetap tidak dapat dipandang sebelah mata. Kalau sudah menggigit, menyengat, sudahlah. Gigitan atau sengatannya dapat meninggalkan gatal, panas, dan bengkak.

Sebagian besar kita mungkin pernah mengalaminya, bukan? Bagaimana dampak gigitan atau sengatan serangga tersebut? Amat mengganggu yaa..

Biasanya, permasalahan akibat gigitan atau sengatan membuat kita tergerak untuk menggaruk kulit. Padahal, langkah tersebut tidaklah membawa dampak baik. Sebaliknya, justru semakin memperparah bekas sengatan.

Dengan menggaruk, ruam/bengkak yang tadinya hanya pada tempat sengatan justru dapat meluas. Begitu pula dengan efek panas yang timbul. Kulitpun mungkin semakin memerah dan mengalami iritasi akibat garukan. Kalau sudah demikian, bekas sengatan akan semakin mengganggu.

Ketika mendapati sengatan serangga, anda dapat melakukan beberapa hal guna mencegah komplikasi lanjutan. Di antara langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mengoleskan cuka apel.

Di dalam cuka apel terkandung beragam senyawa yang bermanfaat dalam menghambat dan mengobati infeksi. Dengan memanfaatkan cuka apel, harapannya dampak sengatan serangga dapat lebih diminimalisir. Penggunaannya cukup sederhana, yakni dengan mengoleskan cuka apel pada bagian yang tersengat. Agar lebih mudah, gunakan kapas sebagai media untuk mengoleskan cuka apel pada bagian yang terkena sengatan atau gigitan. (Lihat pula : Cuka Apel Berkhasiat Mengatasi Radang Sinus)

Selain cuka apel, anda dapat pula memanfaatkan madu dalam mengatasi sengatan atau gigitan serangga. Penggunaannya sama dengan cuka apel. Cukup dengan mengoleskan madu pada bagian yang tersengat. Dengan mengoleskan madu pada bagian tersengat terseburt, harapannya permasalahan akibat sengatan dapat terhambat, dan teratasi lebih baik. Menurut suatu penelitian, madu mengandung zat antibiotik alami yang amat ampuh menangkal serangan kuman dan bakteri. (Lihat pula : Madu Bermanfaat Menyembuhkan Luka)

Itulah di antara beberapa bahan yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sengatan serangga. Setelah ini, jangan lagi menggaruk bekas sengatan serangga yaa..

 

Ilustrasi : liveforsunshine.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply