Temulawak Bermanfaat Mencegah dan Mengatasi Jerawat


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Temulawak merupakan salah satu rimpang yang banyak dimanfaatkan dalam dunia jamu. Rimpang yang satu ini memiliki bentuk dan warna hampir serupa dengan kunyit. Ya, kuning-kuning oranye dengan bentuk berbuku-buku. Meskipun demikian, kedua rimpang tersebut berbeda yaa..

Digunakan dalam beragam olahan jamu, rimpang yang dikenal pula dengan nama koneng gede (sunda), dan temu labak (madura) ini menyimpan beragam khasiat untuk kesehatan. Misalnya saja dalam mengatasi amandel. (Lihat pula : Temulawak Sebagai Obat Alami untuk Amandel).

Selain bermanfaat dalam mengatasi amandel, keluarga temu-temuan ini ternyata juga bermanfaat dalam merawat kesehatan kulit lho.. Kandungan di dalamnya memiliki khasiat yang amat baik untuk merawat kulit. Misalnya saja dalam mengatasi permasalahan jerawat.

Di dalam temulawak terkandung senyawa turunan yang bersifat antibakteri. Keberadaan senyawa tersebut dapat membantu tubuh melawan bakteri penyebab jerawat. Dengan demikian, permasalahan jerawat pun dapat dicegah dan diatasi. Manfaat yang demikian ini semakin didukung dengan adanya sifat anti-inflamasi pada temulawak. Sifat yang demikian ini membuat temulawak bermanfaat dalam mengurangi peradangan akibat jerawat. Sudah mencegah jerawat, masih pula mengurangi peradangan akibatnya. Bermanfaat sekali, bukan?

Tidak hanya itu, temulawak juga memiliki kandungan anti-toksin dan antioksidan yang tinggi. Selain membantu pembuangan racun penyebab jerawat, kedua kandungan tersebut juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit dan melembutkannya. Sebagaimana telah banyak diketahui, antioksidan bermanfaat dalam menangkal radikal bebas. Dengan tertangkalnya radikal bebas, kulit akan tampak lebih muda, dan penuaan pun dapat terhambat.

Dalam salah satu sumber, beberapa orang menceritakan pengalamannya menggunakan masker temulawak yang mereka racik sendiri (dengan merujuk resep dari sumber terkait). Secara garis besar, mereka menceritakan bahwa kulit mereka menjadi semakin halus dan lembut setelah menggunakan masker temulawak.

Setelah mengetahui beragam manfaat tersebut, pertanyaan selanjutnya adalah “bagaimana cara memanfaatkan temulawak ini?”.

Dari beragam sumber yang dirujuk, temulawak ini dapat dimanfaatkan dengan beragam cara. Dapat dengan mengkonsumsinya seperti minuman jamu, atau langsung menerapkannya dalam beragam perawatan (dijadikan masker, bedak, cream, dsb).

Ketika hendak memanfaatkan temulawak dengan cara konsumsi, hendaknya diperhatikan berapa dosis yang aman untuk dikonsumsi. Dosis yang berlebihan, ditakutkan justru dapat menimbulkan permasalahan kesehatan yang lain.

Adapun untuk penggunaan luar, baiknya lakukan tes terlebih dahulu pada kulit. Apakah ada reaksi alergi, atau tidak? Walaupun pada umumnya penggunaan bahan alami cukup aman, namun pada hakikatnya keadaan kulit setiap individu berbeda, bukan?

 

Referensi :

  • http://www.manfaatonline.com/manfaat-temulawak-kecantikan-wajah-dan-kulit/
  • https://wajahjerawat.com/manfaat-temulawak-untuk-jerawat
  • http://www.alodokter.com/komunitas/topic/mengapa-setelah-pakai-masker-temulawak-wajah-terasa-panas

Ilustrasi : upload.wikimedia.org/


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply