Manfaat Minyak Telon : Bukan Hanya untuk Si Kecil


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Minyak telon merupakan salah satu jenis minyak yang banyak digunakan untuk bayi. Mengapa dinamakan telon? Berbeda dengan dengan minyak kayu putih yang berasal dari penyulingan kayu putih, atau minyak zaitun yang berasal dari perasan buah zaitun. Kedua nama minyak tersebut memiliki nama yang diambil dari tanaman penghasil minyaknya. Adapun minyak telon, nama “telon” ini diambil dari banyaknya jumlah komponen penyusunnya.

Kata telon berasal dari bahasa jawa, yakni “telu” yang berarti tiga. Tiga angka bilangan yaa.. Mengapa tiga? Asalnya, minyak telon ini dibuat dengan tiga campuran minyak : minyak adas, minyak kayu putih, dan minyak kelapa. Karena tersusun dari tiga jenis minyak, maka dinamakanlah ia “minyak telon”.

Seiring berjalannya waktu, minyak telon ini terkadang dibuat dengan menambahkan campuran minyak esensial lain seperti lavender, sereh, dan selainnya. Penambahan minyak esensial tersebut, tentunya semakin menambah keharuman minyak.

Meski demikian, sebenarnya minyak telon yang terbuat dari tiga campuran minyak pertama pun sudah cukup baik manfaatnya. Kandungan minyak kayu putih membuatnya memberikan efek menghangatkan tubuh. Kemudian minyak kelapa, kandungan ini bermanfaat dalam menghaluskan dan melembabkan kulit. Adapun minyak adas yang keharumannya amat mendominasi, minyak ini bermanfaat dalam mencegah kembung dan merangsang metabolisme dari luar.

Meskipun pada umumnya digunakan untuk menghangatkan tubuh, minyak telon ternyata juga memiliki beragam khasiat yang lain. Tingkat kehangatannya pun nampaknya lebih bersahabat dengan kulit yang mungkin tidak terlalu tahan panas. Karenanya, minyak ini banyak dimanfaatkan sebagai penghangat bayi. Namun, banyaknya penggunaan pada bayi ini bukan berarti minyak telon tidak bisa digunakan untuk dewasa yaa..

Untuk kamu yang sedikit sensitif dengan panas minyak kayu putih, tidak perlu ragu memanfaatkan minyak telon sebagai penghilang kembung. Karena manfaatnya pun amat baik..

 

Referensi :

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Minyak_telon
  • http://www.sarehat.net/2016/09/manfaat-minyak-telon.html

Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply