Manfaat Madu untuk Perawatan Kulit


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Ilustrasi : trunojoyo.com

Sebelumnya kita telah membahas tentang pembersihan sel kulit mati dengan minyak zaitun. Telah mashyur, minyak zaitun memiliki manfaat yang amat baik untuk kulit. Maka tidak heran apabila minyak sehat ini kerap digunakan dalam beragam perawatan kulit.

Selain minyak zaitun, ada pula bahan alam yang tak kalah mashyur sebagai bahan perawatan kulit. Apa itu? Bahan alami tersebut adalah madu. Sebagaimana minyak zaitun, madu juga menyimpan beragam manfaat baik untuk tubuh, termasuk di dalamnya adalah untuk kesehatan kulit. Dengan kandungan antibiotik di dalamnya, madu bahkan dapat dimanfaatkan dalam penyembuhan luka.

Bukan hanya itu, kandungan antibiotik ini nampaknya juga dapat bermanfaat dalam mengatasi jerawat. Madu dapat mencegah tersumbatnya pori-pori dan membersihkan kulit secara alami. Madu ini dapat diserap kulit dan membasmi bakteri penyebab jerawat di bawah lapisan kulit teratas. Dengan demikian, jerawat dapat dicegah dan diatasi.

Madu juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit. Cairan dari lebah ini memiliki sifat mencegah hilangnya kelembaban. Ia bersifat menarik air dan menjaganya pada kulit. Karenanya, kulit akan tetap lembut dan kenyal. Manfaat demikian ini nampaknya baik untuk menjaga dan mengembalikan kelembaban kulit kering. Dengan terjaganya kelembaban, keriput yang merupakan tanda penuaan pun dapat lebih teratasi.

Manfaat madu untuk mengatasi tanda penuaan semakin didukung dengan kandungan antioksidan pada madu. Sebagaimana telah banyak diketahui, antioksidan bermanfaat dalam menangkal radikal bebas. Telah banyak diketahui, radikal bebas berperan penting dalam menimbulkan efek kusam pada wajah dan memicu penuaan dini. Dengan antioksidan, hal tersebut akan dapat diatasi.

Bagaimana cara mengambil manfaat madu ini? Untuk mengambil manfaat madu, anda dapat menggunakan madu sebagai masker. Pertama, basuh wajah/kulit menggunakan air hangat. Hal ini bermanfaat dalam membuka pori-pori. Setelahnya, oleskan madu pada wajah atau kulit yang ingin dirawat. Tunggu sejenak, mungkin 15 menit. Kemudian basuh menggunakan air dingin agar pori-pori kembali menutup. Keringkan menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepuk, dan rasakan perbedaannya.

 

 

Referensi :

  • https://mediskus.com/tips/pelembab-wajah-untuk-kulit-kering-alami-dan-ampuh
  • http://kesehatanholistik.com/manfaat-madu-untuk-wajah/
  • http://www.alodokter.com/masker-madu-si-ramuan-yang-membuat-wajah-semakin-manis

Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply