Buah Tinggi Serat


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Tidak dipungkiri, serat pada makanan amat baik pengaruhnya terhadap kesehatan. Sebagaimana banyak diketahui, serat bermanfaat dalam mencegah dan mengatasi obesitas, salah satu faktor penyebab munculnya beragam penyakit. Untuk menjaga kesehatan tubuh, nampaknya kita perlu mulai memperhatikan asupan serat. Dari mana saja kita dapat memperoleh serat? Banyak. Berikut ini ulasan mengenai beberapa buah tinggi serat yang kami kutip dari Mediskus.com.

  • Alpukat

Tidak diragukan lagi, inilah buah yang cukup terkenal karena mengandung serat tinggi. Kandungan serat dalam buah yang mengandung vitamin B6, C, E, dan K, serta asam folat dan potasium ini berbeda-beda tergantung dari jenis alpukatnya. Untuk Alpukat Florida yang berwarna hijau dan berkulit mulus memiliki serat tak mudah larut yang lebih banyak ketimbang Alpukat California yang ciri buahnya lebih gelap dan kecil. Namun secara umum, dalam sebuah alpukat berukuran sedang paling tidak mengandung 10-13 gr serat.

  • Pear Asia

Di balik tekstur buahnya yang renyah dan manis, pear Asia ternyata mengandung serat tinggi yaitu sekitar 5,5 gr untuk 1 buah berukuran sedang, serta asam omega-6 yang dapat menyehatkan sel tubuh, otak, serta fungsi saraf.

  • Berry

Hampir semua buah berry mengandung serat tinggi. Beberapa di antaranya adalah blackberry dan raspberry yang tiap 220 gr-nya memuat 8 gr serat. Hanya saja bila Anda membutuhkan lebih banyak vitamin K maka pilihlah blackberry. Namun jika ingin buah berry yang ramah bagi kesehatan kulit dan gula darah, konsumsilah raspberry yang memuat lebih banyak mangan.

  • Kelapa

Penganan yang rendah indeks glikemiknya ini dapat menjadi sumber serat yang ramah bagi mereka yang memiliki diabetes.

  • Ara

Meski keberadaannya cukup langka di tanah air, namun buah ara segar atau yang sudah dikeringkan ternyata sama-sama mengandung serat tinggi. Tak seperti buah lain, ara mengandung 2 jenis serat, yaitu yang mudah dan tak mudah larut, yang sama-sama dibutuhkan tubuh.

  • Kurma

Dalam 1 buah kurma medjool terdapat sekitar 1,6 gr serat yang dapat memberikan energi ekstra bagi tubuh.

  • Apel & jeruk

Mungkin kandungan seratnya sedikit lebih rendah dibanding pear. Akan tetapi kalau buah ini merupakan salah satu favorit Anda, maka siap-siaplah menerima 4,4 gr serat melalui sebuah apel atau jeruk berukuran medium.

 


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply