Pegagan: Herbal Penambah Daya Ingat, Darah Tinggi, Diabetes, Sariawan


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Pegagan: Herbal Penambah Daya Ingat, Darah Tinggi, Diabetes, Sariawan

Pegagan untuk diabetes

daun pegagan
[2]

Pegagan telah lama digunakan sebagai obat herbal berbagai macam penyakit diantaranya: tekanan darah tinggi, diabetes, sariawan dan penambah daya ingat. [1]

Pegagan yang dikenal dengan nama latin: Centella asiatica, adalah sebuah tanaman liar yang biasanya tumbuh di perkebunan, ladang, pinggir jalan, atau di pematang sawah. Tanaman pegagan berasal dari daerah Asia tropik, banyak tersebar luas di Asia Tenggara, diantaranya Indonesia, India, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Australia dan kemudian tanaman pegagan ini pun menyebar ke beberapa negara lainnya.

Tanaman herbal pegagan juga dikenal dengan bermacam nama di daerah tertentu: pegagan, daun kaki kuda, antanan, Peugaga (Aceh), jalukap (Banjar), daun kaki kuda (Melayu), ampagaga (batak), antanan, dulang sontak (sunda), gagan-gagan, rendeng, cowek-cowekan, pane gowang (jawa), piduh (bali), bebele (lombok), sandanan (irian) broken copper coin, semanggen (Indramayu, Cirebon), pagaga (Makassar), daun tungke (Bugis), buabok (Inggris), paardevoet (Belanda), gotu kola (Sinhala), vallarei (Tamil), ji xue cao (Hanzi), Pigago (Minang) daun tapak kudo (solok).

Tanaman pegagan sebagai tanaman herbal diabetes?

Senyawa Tanin dalam daun pegagan ini berkhasiat untuk menyembuhkan diabetes tahap awal dan daun pegagan juga membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes sehingga terhindar dari diabetes.

Cara pengolahan daun pegagan sebagai obat diabetes tradisional adalah: [2]
~ Rebus 3-4 helai daun pegagan bersama 2 gelas air.
~ Setelah mendidih, maka dapat langsung diminum setelah hangat
~ Sebaiknya dikonsumsi dua kali sehari
~ Minum dengan menggunakan tangan kanan dan baca “Bismillah”, sambil berharap kesembuhan dari Allah yang Maha Penyembh melalui perantaraan daun pegagan ini.

Sumber:
[1] https://media.neliti.com/media/publications/176639-ID-efek-farmakologi-pegagan-centella-asiati.pdf
[2] http://yakon.co.id/obat-diabetes-herbal-daun/

Comments

You may also like...

Leave a Reply