Cara Cek iPhone Asli atau Palsu (Perbedaan Hardware dan Software)


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Mau Cek iPhone Asli atau Palsu, gimana caranya?
Bagaimana cara membedakan iPhone asli dan palsu?

Contoh Gambar iPhone Asli dan Palsu
contoh iPhone Asli dan Palsu

Mungkin untuk yang sudah terbiasa “pegang” iPhone, seperti pedagang toko, pedagang online, fanboy, dan orang-orang yang seperti mereka sangat mudah untuk membedakan antara iPhone palsu dan iPhone asli. Tapi bagi pemula, apalagi bagi yang pertama kalinya ingin “pegang” iPhone, gimana cara bedain iPhone asli dan palsu?
Kalau beli baru di retailer shop seperti iBox, atau langsung lewat operator tentu tidak ada masalah, namun yang jadi masalah adalah ketika ingin membeli iPhone bekas yang biasanya pembeli dan penjual baru pertama kalinya bertemu.

Berikut ada tips-tips yang bermanfaat untuk membedakan iPhone asli dan palsu dengan mengenali ciri-ciri iPhone palsu, dan membandingkannya dengan ciri iPhone yang asli.

Semoga bermanfaat, dan bila ada saran dan kritik yang membangun, silahkan ditambahkan di kolom komentar.

  1. Cara Cek iPhone Asli atau Palsu lewat Serial Number

    Ini adalah cara standar dan sudah sejak lama digunakan, yaitu dengan mengecek apakah serial number iPhone tersebut terdaftar di situs resmi Apple.com atau tidak. Karena semua serial number iPhone terdaftar di database Apple yang bisa diakses online, bahkan untuk iPhone yang sudah di service juga akan terlihat apakah unit iPhone sudah di replace (diganti unit lain) dan lain sebagainya.

    Yang harus Anda lakukan, buka situs Apple https://selfsolve.apple.com/agreementWarrantyDynamic.do, lalu masukkan serial number atau nomor IMEI dari iPhone yang hendak Anda beli di form yang tersedia.
    Maka hasil yang Anda lihat seperti gambar di bawah ini menunjukkan serial number/IMEI iPhone tersebut valid (benar) dan terdaftar di database resmi Apple.

    Jika serial number / IMEI yang dimasukkan bukan iPhone asli, maka yang muncul adalah: We’re sorry, but this serial number is not valid. Please check your information and try again.

    Perhatikan bahwa serial number / IMEI yang Anda masukkan adalah IMEI ataupun serial number yang ada di iPhone nya langsung, bukan dari boxnya atau dari SIM tray, dan bukan dari case-back iPhone, karena bisa jadi tempat SIM card (sim tray) iPhone / box nya tertukar, atau sekedar buatan sendiri. Intinya berbeda dengan IMEI / Serial Number aslinya.

    Juga, jangan lihat IMEI lewat case-back nya iPhone (body belakang), untuk iPhone 5 dan yang lebih baru ada terdapat IMEI di belakang, tapi bisa jadi casenya tidak cocok dengan iPhone aslinya.

    Maka, lihatlah IMEI dan Serial Number dari iPhone langsung untuk mengetahui keaslian iPhone tersebut.

  2. Cara Cek iPhone Asli atau Palsu lewat Software App Store

    Tempat download aplikasi iOS baik iPhone, iPad atau iPod Touch, semua lewat App Store. Maka cuma iPhone asli yang punya App Store, sedangkan iPhone palsu tidak punya App Store (mungkin namanya dibedakan sedikit), atau kalaupun namanya sama App Store, ketika dibuka mungkin isinya beda dengan App Store iPhone, atau beberapa iPhone palsu menampilkan hanya beberapa game yang siap di install, tanpa perlu internet sekalipun. Padahal App Store iPhone asli ketika dibuka akan memuat isinya lewat internet dan akan meminta Apple ID Anda setiap kali akan men-download dan meng-install aplikasi.
    App Store di iPhone palsu tidak akan melakukan yang demikian.

  3. Cara Cek iPhone Asli atau Palsu lewat Casing Belakang

    Coba amati casing belakang iPhone yang akan Anda beli. iPhone asli tidak akan bisa dibuka casing belakangnya kecuali dengan obengnya khusus, sedangkan iPhone palsu kebanyakan hanya perlu digeser sedikit maka Anda bisa membuka casing belakangnya dan melihat batreinya, atau ada juga yang perlu dicongkel sedikit agar case belakangnya terbuka.

  4. Cara Cek iPhone Asli atau Palsu lewat Komponennya

    Jika Anda berkesempatan melihat susunan komponennya, maka Anda akan melihat batrei Li-ion panjang seperti ini:

    Pada iPhone palsu batrenya pendek, kotak, biasanya berwarna abu-abu seperti kebanyakan jenis batre di pasaran.

  5. Cara Cek iPhone Asli atau Palsu lewat iTunes

    Ini juga menjadi salah satu andalan untuk membedakan iPhone asli dan palsu. Jika iPhone palsu dicolok ke komputer lalu aplikasi iTunes dibuka, maka iTunes akan mengenali iPhone. Tapi jika tidak ada respon di software iTunes, maka bisa dipastikan iPhone itu palsu, karena hanya iPhone asli yang bisa muncul di menu iTunes (kecuali software di laptop Anda adalah iTunes versi lama), tapi minimal ada respon di software iTunes agar menunjukkan bahwa iPhone yang dicolok ke komputer tersebut adalah iPhone asli.

  6. Cara Cek iPhone Asli atau Palsu lewat bersama teman

    Kalau masih belum yakin tentang beberapa cara cek keaslian iPhone yang sudah dipaparkan di atas, maka mengajak teman adalah solusi terbaik, teman yang mengerti seluk-beluk Apple dan bisa membedakannya iPhone asli atau iPhone palsu dengan mudah.

Silahkan komentar untuk memberitahukan kami tips lainnya tentang cara cek iPhone asli atau palsu.

Comments

You may also like...

6 Responses

  1. shakila says:

    Maaf di itc bsd ada yang jual iphone 4s 16gb harganya 2.550rb dan dia bilang itu ori,wajar gak sih harganya segitu?

  2. Apa ini benar asli iphone nya dengan
    IME: 013661000293237

  3. shakila : iphone 4s dengan harga segitu benar, mungkin hanya garansi distributor saja.
    ilham : benar iphone nya, iphone 4 (8 gb)

  4. ally says:

    Saya punya iphone 4s saya cek no imeinya terdaftar tp iphonenya tidak ori bagaimana min

  5. Gan, kalok diApp storenya bahasa cina itu asli kagak ya? Tapi dicek dilink yg agan sarankan sih tembus.

  6. Faisal says:

    Maaf gan numpang nanya imei ini 990002267897591 asli atau tidak iphone nya ko ga tembus

Leave a Reply