Apa itu gerakan latihan compound ? Gimana caranya ?


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Gerakan latihan compound?

Apa itu gerakan latihan compound?

Kalau Anda baru dalam dunia fitnes, atau mungkin sudah lama fitnes, tapi tidak tau apa itu gerakan latihan compound, Anda bisa membaca penjelasannya di sini.

Compound Movements atau Compound exercise atau Compound workouts atau latihan compound adalah suatu latihan yang gerakannya melibatkan lebih dari satu bagian otot saat Anda melakukannya.

Contoh latihan gerakan compound: Squat, deadlift, lunges, bench press, cabble crossover, pullup, pushup.

Coba lihat pada gerakan deadlift, berapa banyak bagian otot yang akan terlatih pada saat Anda melakukan gerakan compound yang satu ini:

latihan deadlift

Keuntungan dari Latihan Gerakan Compound

Bila Anda sering melakukan gerakan latihan compound ini maka Anda akan mendapatkan porsi tubuh yang lebih proporsional dibandingkan bila hanya melatih satu bagian otot tertentu. Istilahnya, ototnya gak gede sebelah. Misalnya, dadanya bidang dan tebal, tapi kaki dan betisnya kerempeng seperti ceker ayam.

Apa keuntungan dari gerakan latihan compound?

  1. Tidak hanya melatih satu bagian otot, pada saat yang bersamaan Anda akan melatih banyak bagian otot secara bersamaan.
  2. Lebih meningkatkan stabilitas persendian Anda
  3. Meningkatkan keseimbangan otot
  4. Mengurangi resiko cidera otot jika gerakan compound dilakukan dengan benar
  5. Latihan fitnes dengan waktu yang singkat namun mencapai hasil yang lebih maksimal

Apa saja yang termasuk gerakan latihan compound?

Cara untuk mengetahui apakah gerakan fitnes tertentu termasuk latihan gerakan compound atau latihan gerakan isolasi adalah dengan merasakan bagian otot yang terlatih, nyeri dan panasnya akan jelas terasa. Pada jenis latihan compound ini tidak hanya satu titik otot saja yang terfokus rasa nyerinya saat melakukan gerakan tersebut, akan tetapi juga terdapat beberapa bagian titik otot lainnya yang akan terasa nyeri jika Anda melakukan latihan fitnes dengan benar.

Tentu saja kalau salah gerakan dan asal-asalan, Anda tidak akan merasakan titik otot yang terlatih tersebut, kecuali hanya ngos-ngosan saja.

Lawannya latihan gerakan compound adalah gerakan latihan isolasi yang hanya menargetkan pada satu titik otot tertentu. Lihat juga → Apa itu gerakan latihan isolasi?

Comments

You may also like...

Leave a Reply