Latihan Isolasi? Apa itu Latihan Isolasi?


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Bagi Anda yang sedang rajin-rajinnya latihan fitnes, atau pernah latihan fitnes, pernah mendengar tentang latihan isolasi kan?
Kalau belum pernah, keterlaluan, hehehe.

contoh gerakan latihan isolasi dengan latihan butterfly

Apa itu Latihan Isolasi?

Dalam dunia fitnes, latihan isolasi adalah gerakan latihan yang hanya fokus melatih pada satu bagian otot tertentu. Misal: latihan Butterfly, ini termasuk latihan isolasi.
Kenapa? Karena hanya satu bagian otot yang dilatih, yaitu otot dada (pectoralis major) maka otot yang akan terlatih hanya otot pectoralis major saja, tidak akan mengembangkan otot lain baik itu shoulder (bahu), bicep atau otot perut.

Beda dengan gerakan latihan compound yang akan melatih banyak bagian otot. Lihat juga: Apa itu gerakan latihan compound ? Gimana caranya ?

Apa keuntungan latihan isolasi ini?

  • Latihan isolasi akan benar-benar menghajar bagian otot yang Anda targetkan. Ini adalah manfaat yang paling populer.
  • Latihan isolasi memiliki resiko cedera yang lebih sedikit. Walaupun cedera bisa terjadi kapan saja di semua jenis latihan, tetapi pada latihan isolasi, resiko cedera lebih kecil.
  • Latihan isolasi bisa lebih menargetkan setiap otot. Pada otot lain yang kurang berkembang atau kurang tertarget di gerakan latihan compound, Anda bisa memfokuskannya di latihan isolasi.
  • Latihan isolasi akan mengembangkan bagian otot yang kurang berkembang. Bisa memiliki tubuh yang proporsional adalah impian, selain itu juga tubuh yang tidak proporsional lebih mudah mengalami cidera. Latihan isolasi memungkinkan Anda untuk menargetkan otot tertentu yang tertinggal dan kurang berkembang
  • Tips Latihan Isolasi

    • Saat melakukan latihan gerakan isolasi, disarankan untuk mengangkat beban yang medium (tidak terlalu berat, juga tidak terlalu ringan), namun perbanyak repetisi (pengulangan) sehingga otot yang Anda latih akan lebih berkembang.
    • Saat melakukan latihan gerakan isolasi, konentrasikan gerakan Anda pada otot yang ditarget dan jangan sampai menggunakan bagian otot lain untuk membantu kontraksi ketika Anda melakukan gerakan tersebut.
      Misal: Bila Anda melakukan latihan butterfly, fokuslah pada penggunaan otot dada. Beberapa kesalahan pemula fitnes adalah mereka melakukan gerakan butterfly tapi yang mengalami nyeri bukan hanya otot dada, tapi malah otot bicepnya atau lengannya yang panas nyeri dan lelah, bukan otot dada. Ini berarti, saat melakukan gerakan tersebut, otot lengannya lah yang menarik beban, bukan otot dada.

    Sebagian orang juga lebih suka fitnes dengan gerakan latihan isolasi, yang lebih tepat adalah menggabungkan keduanya antara gerakan isolasi dan gerakan compound untuk mencapai hasil fitnes yang efektif dan optimal.

    Comments

    You may also like...

    Leave a Reply