Madu sebagai Obat Bisul, gimana caranya?


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Dikutip dari artikel di republika[1], madu bisa juga digunakan untuk mengobat borok dan bisul. Tentunya harus dengan madu asli. Tahukah Anda banyak palsu campuran dan madu palsu yang beredar di pasaran? Lihat ciri-ciri madu asli ← di sini.

Madu berkhasiat mengobati sakit kulit seperti borok dan bisul. Cara pengobatannya pun terbilang mudah.

Madu yang cair dipanaskan sehingga menjadi adonan lunak menjadi lem lebah.
Setelah itu, lem lebah dilipat dan diletakkan di atas kulit yang terluka kemudian dibalut dengan kain tipis, sehingga kulit yang terluka itu menjadi kering dan berjatuhan.

Caranya mudah kan?

Kok bisa ya madu jadi obat bisul dan borok?

Para ahli mengatakan bahwa madu dapat menghalangi pertumbuhan bakteri yang terdapat pada luka yang terinfeksi. Madu telah lama dikenal sebagai antimikroba yang dapat membunuh bakteri, selain itu madu juga dapat menghalangi pertumbuhan lemak pada bisul.

Bahkan para ahli menyarankan agar menggunakan produk antibakteri yang berbahan dasar madu sebagaimana dikutip dari vemale.com[2]
“Ada kebutuhan mendesak untuk menemukan cara inovatif dan efektif untuk mengontrol infeksi luka,” ujar Sarah Maddocks, peneliti dari ardiff Metropolitan University, Inggris. “Belum ada laporan yang menyebutkan bahwa bakteri dapat melawan pertahanan madu,”

Sedangkan pada penelitian pada tahun 2009 yang dilakukan University of Sydney, Australia melaporkan bahwa madu memiliki potensi melawan bakteri penyebab infeksi. Para peneliti bahkan menyarankan agar masyarakat memakai produk antibakteri dengan bahan dasar madu sebagai pengganti krim antibiotik untuk menyembuhkan luka.

Dikutip dari buku Sehat dengan terapi Madu[3], berikut ini adalah cara mengobati bisul dengan madu.

Siapkan bahan-bahan berikut ini;

  • Madu 1 sendok makan
  • Minyak hati ikan 1 sendok makan

Madu dan minyak ikan dicampur lalu diletakkan di kain kasa yang streil lalu letakkan dibagian luka (borok ataupun bisul) dan kemudian diperban. Dan agar lebih optimal untuk menyembuhkan borok dan bisul, ganti kompresan madu dan minyak ikan tersebut setiap 8 jam.

Di bawah ini adalah foto dari madu yang direkayasa oleh peneliti untuk merawat seorang pasien yang seharusnya diamputasi karena borok iskemik besar yang telah terinfeksi dengan bakteri pseudomonas.

madu sebagai obat borok
sumber: BBC.co.uk[4]

Para peneliti juga mengatakan madu telah berhasil mengobati luka parah termasuk bisul, luka tekanan, luka trauma dan luka bedah yang sudah terinfeksi.
Menurut saya tentu madu juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit eksim kronis, dan penyakit-penyakit kulit lainnya. Tentu saja Anda harus berobat atau berkonsultasi dengan terapis madu yang sudah berpengalaman. Silankah kunjungi tempat terapi atau herbal madu di sekitar Anda.

Referensi:

[1] Republika.co.id
[2] Vemale.com
[3] Buku Sehat dengan terapi Madu
[4] http://www.bbc.co.uk/nature/28399182

Demikian resep Madu sebagai Obat Bisul, semoga bermanfaat.

Comments

You may also like...

Leave a Reply