Madu sebagai Obat Insomnia Alami


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Bagi Anda yang mengalami sulit tidur, insomnia, sering bangun malam atau tidur tidak nyenyak, dan sudah mencoba berbagai macam obat namun tidak juga mengatasi insomnia Anda, tidak ada salahnya jika Anda mencoba madu sebagai obat insomnia alami.

secangkir madu hangat

Saya kutip dari Amazing-green-tea.com
Menurut Michael McInnes dari Royal Pharmaceutical Society, mengkonsumsi satu atau dua sendok makan madu sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur tanpa menambah berat badan. Dengan menggunakan penelitian-penelitian sebelumnya, ia memberikan alasan mengapa mengkonsumsi madu bisa meningkatkan kualitas tidur nyenyak.

Madu sebagai Obat Insomnia Alami, alasan pertama: Madu Meningkatkan Produksi Melatonin

Pernah bertanya-tanya kenapa makan makanan manis membuat Anda lebih tenang? Nah, jika Anda mengkonsumsi madu juga demikian, madu memiliki efek yang sama dan bahkan lebih menguntungkan dibandingkan makan cemilan atau makanan manis lainnya yang kurang sehat.

Tidak seperti makanan manis lainnya, mengkonsumsi madu hanya meningkatkan sedikit kadar gula darah Anda. Hal ini menyebabkan peningkatan insulin yang terkontrol dan stabil sehingga menyebabkan asam amino triptofan (dan madu juga mengandung senyawa triptofan ini) untuk masuk ke otak Anda. Di dalam otak, triptofan diubah menjadi hormon serotonin, yang meningkatkan relaksasi. Dan dalam kondisi gelap, serotonin diubah menjadi melatonin pada kelenjar pineal.

Sekarang ini melatonin adalah obat gangguan tidur yang terkenal dan sudah banyak digunakan untuk mengobati gejala susah tidur untuk pasien lanjut usia dan depresi. Hal ini juga meningkatkan kualitas tidur nyenyak.

Madu sebagai Obat Insomnia Alami, alasan kedua: Mengurangi Stres Hormon

Cara lainnya kenapa Madu bisa menjadi Obat Insomnia Alami adalah melalui penyimpanan glikogen. Ini sedikit kontroversial, berikut penjelasannya singkatnya.

Berdasarkan penelitian (juga pengalaman pribadi saya dan pembaca sekalian), kita lebih sulit tidur saat perut kita kosong. Artinya, kalau kita makan dengan porsi sedikit pada waktu malam benar-benar bisa meningkatkan kualitas tidur.

Tubuh kita menyimpan energi yang siap digunakan sebagai glikogen di liver. Nah, madu merupakan makanan terbaik untuk penyimpanan glikogen karena madu mengandung rasio fruktosa dan glukosa yang ideal, yaitu 1: 1.

Penyimpanan glikogen yang cukup diperlukan untuk tidur nyenyak karena ketika hati Anda kehabisan glikogen di malam hari, otak Anda mulai memicu hormon stres seperti kortisol dan adrenalin untuk mengkonversi otot protein menjadi glukosa yang akhirnya mengurangi kualitas tidur Anda dan tidur pun menjadi tidak nyenyak.

Jadi, makan satu atau dua sendok makan madu sebelum tidur akan meningkatkan kualitas tidur Anda dengan menyediakan bahan bakar di liver Anda.

Madu sebagai Obat Insomnia Alami: Kesimpulan

Walaupun tidak ada penelitian langsung yang mengaitkan antara madu dan insomnia, tapi penjelasan ilmiah yang masuk akal ini bisa menjelaskan mengapa obat tradisional ini ampuh menjadi salah satu obat insomnia sejak berabad-abad yang lalu.

Sangat banyak banyak khasiat dan manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari madu asli, mulailah dengan beberapa sendok teh madu sebelum Anda tidur dan rasakan khasiat madu bagi tubuh Anda.

Berikut ini beberapa komentar dari mereka yang sudah biasa mengkonsumsi madu untuk mengatasi insomnia secara alami:

Madu benar-benar solusi yang bisa diandalkan. Walaupun madu bukanlah solusi (langsung) untuk insomnia, tetapi madu membantu tubuh untuk merasa sangat rileks dan akhirnya mudah untuk tidur. Sebelumnya saya sering merasa kelelahan dan kadang disertai sakit kepala. Sekarang ketika saya mulai menggunakan madu sebelum tidur semua keluhan saya lenyap.

— Bashir Mahamed

Baru-baru ini saya mulai mencoba minuman hangat dicampur dengan madu dan cuka apel, dimulai sekitar 2 minggu yang lalu. Saya kagum pada khasiat madu dan cuka apel yang meningkatan kualitas tidur dan tidak lagi tersiksa di waktu malam. Suatu malam saya tidak minum madu dan cuka apel, ternyata gangguan tidur datang lagi dan saya pun tersiksa semalaman. Sejak itu saya bertekad untuk tidak pernah lupa minum madu dan cuka apel di malam hari.
Kalau Anda mau mencoba resepnya, saya mencampur 2 sdm cuka apel 2 dan 1 sdm madu dengan 1 cangkir air hangat. Semoga membantu Anda juga.

— Marlene Stratulat

Punya pengalaman menarik dengan madu dan insomnia Anda? Kami akan sangat senang jika Anda mau berbagi di kolom komentar.

[1] http://www.amazing-green-tea.com/honey-and-insomnia.html

Dapatkan Buku “Sehat dengan Terapi Madu”.

Comments

You may also like...

Leave a Reply